WNI Lintas Profesi di Hong Kong Deklarasikan Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Politik1700 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Ribuan warga negara Indonesia (WNI) lintas profesi di Hong Kong mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, Ketua Umum Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Mustar Bonaventura Manurung mengatakan para WNI itu merupakan pekerja migran, kelompok seni, budaya, dan mahasiswa.

“Mereka datang dengan memakai kaus bertuliskan ‘Kami Bersama Ganjar Pranowo’, di Lapangan Victoria Park Causeway Bay Hong Kong Minggu (2/7/2023),” jelasnya.

Mustar mengajak para WNI lintas profesi ini untuk memenangkan dan memperjuangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI pada 2024. Ganjar, kata Mustar, sudah berjanji dan berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum mendeklarasikan dukungan, para WNI yang didominasi kalangan perempuan ini menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Bendera Merah Putih. Sambil memberikan hormat, mereka terlihat kompak dan khusyuk menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia tersebut.

“Kami berjanji akan setia menjaga Indonesia. Kami berjanji akan setia menjaga Pancasila dan NKRI. Kami berjanji akan memenangkan dan memperjuangkan Ganjar Pranowo sebagai presiden Indonesia tahun 2024. Merdeka, Ganjar Pranowo presiden,” kata pimpinan kelompok relawan pendukung Ganjar ini yang diikuti secara kompak oleh para pekerja migran.

Mustar menyatakan bahwa Ganjar merupakan bacapres ideal yang memenuhi kriteria masyarakat Indonesia. Pria berambut uban itu memiliki rekam jejak yang baik serta tak bermasalah dengan pelanggaran HAM di masa lalu. Ganjar menjunjung tinggi nilai Pancasila dan UUD 1945.

“Sikap nasionalisme Ganjar sudah melekat dan tidak diragukan lagi. Ganjar merawat demokrasi. Merdeka. Ganjar Pranowo Presiden,” katanya.

Mustar menyatakan harapan para WNI di Hong Kong agar Ganjar Pranowo memperhatikan dan melindungi para pekerja migran dan keluarganya serta membuka pekerjaan seluas-luasnya apabila mereka kembali ke Tanah Air.

“Sebagai penerus Pak Jokowi, saya sangat yakin Pak Ganjar tetap memperhatikan dan menampung aspirasi dari rakyatnya,” katanya.

Acara deklarasi dukungan ini diinisiasi oleh Tim Relawan Nasional Persatuan Masyarakat Indonesia – Hong Kong. Pospera merupakan salah satu relawan pendukung Ganjar yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam pernyataan sikap tertulisnya, Tim Relawan Nasional Persatuan Masyarakat Indonesia – Hong Kong meyakini bahwa Ganjar dapat memimpin dan membuat Indonesia semakin maju dan jaya dengan mengedepankan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berdasarkan kinerja selama menjadi DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar terbukti membangun birokrasi yang bersih, tegas, dan mengedepankan kesejahteraan rakyat. Maka kami bertekat memberikan hak suara dalam Pilpres 2024 demi kemenangan Pak Ganjar dengan cara elegan,” demikian tulis pernyataan sikap tersebut.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (Ant)

Komentar