16 Besar Piala Dunia U-17: Brasil Melaju ke Perempat Final, Usai Kandaskan Ekuador 3-1

Sepakbola, Sport730 x Dibaca

Solo, Karosatuklik.com – Timnas Brasil U-17 melaju ke perempat final Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 setelah menundukkan Ekuador, 3-1, dalam babak 16 besar di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023).

Brasil unggul terlebih dahulu lewat gol yang dilesakkan Estevao Willian. Namun, Ekuador menyamakan kedudukan berkat gol Michael Bermudez. Brasil memastikan kemenangan berkat gol yang dicetak Estevao dan Luighi Santos pada babak kedua.

Jalannya Pertandingan  

Ekuador turun dengan kostum kebesaran kaus kuning dan celana biru. Sementara Brasil yang berstatus tim tamu memakai kaus biru dan celana putih.

Brasil tampil agresif sejak peluit awal dimainkan. Mereka terus berupaya membongkar pertahanan Ekuador  dan menjebol gawang Ekuador.

Brasil memimpin lebih dahulu berkat gol yang dilesakkan Estevao Willian pada menit ke-14. Gol berawal dari aksi Kaua Elias menusuk pertahanan Ekuador dari sisi kiri.

Dia kemudian menyodorkan bola kepada Estevao dan membawanya ke kotak penalti. Pemain Palmeiras ini kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang menaklukkan kiper Christian Loor.

Ekuador nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-21. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Brasil saat mengoper bola, Elkin Ruiz kemudian mendapat umpan dai sisi kanan. Luis memanfaatkan umpan itu dengan melepaskan tandangan yang hanya meleset beberapa sentimeter dari gawang Brasil.

Menit ke-32 dan 33, Brasil kembali mendapat dua peluang melalui Rayan dan Estevao. Upaya mereka mencetak gol digagalkan kiper Christian Loor. Kiper asal klub Independiente del Valle ini kembali menjadi pahlawan timnya dengan menggagalkan peluang yang didapat Pedro Lima.

Ekuador berhasil menyamakan kedudukan berkat aksi Michael Bermudez di pengujung babak pertama. Gol berawal dari umpan yang dikirim Jesus Polo Herera dari sisi kanan.  Sodoran pemain bernomor punggung 4 ini membuat kemelut di depan gawang. Bermudez kemudian mendapatkan bola dan langsung mengeksekusinya dengan kaki kiri dan membuahkan gol.  Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Ekuador seharusnya memimpin pada menit ke-49, saat Bermudez yang sudah berada di depan gawang mendapat sodoran dari sisi kanan. Sayang, sepakannya melenceng ke tiang jauh.

Menit ke-52, giliran Brasil yang mendapat peluang emas. Mendapat sodoran dari lini tengah, Estevao mengejar bola dan melepaskan tendangan sambil menjatuhkan diri. Namun, tendangannya gagal membuahkan gol karena mengenai tiang gawang.

Bek Pedro Lima kembali menusuk pertahanan Ekuador dan nyaris membawa timnya kembali memimpin. Sayang, tendangannya melenceng.

Menit ke-61, Ekuador mendapat peluang mencetak gol. Keny Arroyo melepaskan tendangan bebas dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tendangannya gagal menjadi gol karena mengenai tiang kiri gawang Phillipe Gabriel.

Menit ke-64, pelatih Brasil menarik Kaua Elias dan menggantikannya dengan Luighi Santos.

Brasil mendapat peluang dari tendangan bebas setelah Estevao dijatuhkan di luar kotak penalti yang membuahkan gol pada menit ke-70. Estevao mengeksekusi tendangan bebas ini. Sepakan kaki kirinya mengenai pagar pemain Ekuador dan mengecoh kiper Christian Loor. Brasil pun unggul 2-1.

Brasil kian sulit dikejar setelah mencetak gol pada injury time babak kedua yang dicetak Luighi. Berawal dari umpan menyusur tanah yang dikirim Pedro Lima dari sisi kanan, Luighi yang berada di mulut gawang dengan mudah menceploskan bola ke gawang.  Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Brasil akan bertemu pemenang laga 16 besar lainnya antara Argentina melawan Venezuela yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Selasa (21/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

Babak perempat final ini akan digelar di Jakarta International Stadium pada Jumat (24/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB. (R1/BeritaSatu)

Komentar