oleh

Antisipasi Bencana 2021, Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan

-Karo-220 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Ditengah pandemi virus corona dan di saat cuaca yang memungkinkan adanya bencana, Pemerintah Kabupaten Karo, menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tahun 2021, Jumat (5/3/2021) Pukul 09.30 WI, di Halaman Kantor Karo, Jalan Letjen Djmin Ginting, Kabanjahe.

Gelar apel kesiapsiagaan itu turut dihadiri unsur /, Tagana, Manggala Agni Daops Sibolangit, PMI dan lainnya.

Tampak hadir Bupati Karo , SH, MH, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Detyo, Sik , Kajari diwakili Benny, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, Asisten II Setdakab Karo, Dapatkita Sinulingga, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Plt Kalak BPDB Natanail Peranginangin, SH, MAP.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, usai apel kepada media menyebutkan, diadakannya apel kesiapsiagaan tersebut merupakan bentuk respon pemerintah dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu.

Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan.

“Hal ini penting dilakukan, karena potensi terjadinya bencana perlu mendapatkan perhatian bersama,” katanya.

Baca Juga :  Launching Buku “Terkelin Brahmana Diantara Sahabat” dan Temu Pisah Sambut Bupati dan Wakil Bupati Karo akan Digelar 16 April 2021 di Berastagi

Dengan langkah persiapan yang matang dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat sehingga dampak bencana yang ditimbulkan juga tidak semakin besar.

“Karena itu dalam apel yang kita adakan ini, juga melibatkan berbagai unsur didalamnya, yakni BPBD dan perangkat daerah terkait, TNI, Polri, elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan. Karena itu faktor sinergisitas ini menjadi kunci yang sangat penting,” jelas Terkelin Brahmana.

Bupati juga mengintruksikan agar para camat, kepala desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan.

“Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat,” sebutnya.

Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan.

Terkelin Brahmana juga mengingatkan, dalam situasi bencana non alam yang kita hadapi yaitu pandemi , tetap jaga kesehatan. Perubahan perilaku dengan disiplin menjalankan prokes 3M, pungkasnya

Sebelumnya dalam giat itu, Inspektur Upacara, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, sedangkan Danup (Komandan Upacara) dari Kasat Sabahara Ajun Komisaris Polisi Enda.

Baca Juga :  HUT LVRI Kabupaten Karo Tercoreng Akibat Makam Pahlawan Kabanjahe Tidak Terawat Dengan Baik Oleh Dinas Sosial

Sambutan Bupati Karo dibacakan oleh Irup Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto menyebutkan bahwa kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sebagai tindaklanjut instruksi Presiden RI Jokowi saat pembukaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana tahun 2021, secara virtual rabu ( 3/3).

“Hal ini, melihat secara nyata, bahwa kesiapan personel yang terlibat dalam penanganan bencana, kondisinya masih siap digerakkan setiap saat,” ujar Dandim 0205/TK yang juga Dansatgas Penanganan Bencana Gunung Sinabung itu.

“Artinya, sewaktu waktu ada bencana alam yang mengancam, personel beserta kelengkapan yang ada masih tangguh, layak digunakan,” tuturnya.

Di sisi lain, imbuh Eko, Tanah Karo saat ini sedang mengalami pancaroba memasuki musim kemarau, tentu keadaan ini, masyarakat diimbau hati-hati jangan sembarangan membakar rumput di ladang yang menyebabkan timbulnya api akibat musim kemarau saat ini, ajak Dandim.

Pada kesempatan itu, Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, mengimbau warga yang berada di seputaran Gunung Sinabung, agar menjauhi zona-zona bahaya dari Gunung Api Sinabung.

Baca Juga :  Bupati Karo Terkelin Brahmana: "Saya Mohon Pamit.."

“Belakangan ini aktivitas Sinabung terus meningkat, harus kita waspadai, dengan menjauhi zona merah,” ajak Dandim. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait