Arus Mudik Lebaran 2024, Polres Tanah Karo Periksa Urine Sopir Bus AKDP

Karo2333 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Polisi Resort (Polres) Tanah Karo, Polda Sumatera Utara, melakukan pemeriksaan urine terhadap sopir bus Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) yang melintas memasuki wilayah Kabupaten Karo, Jumat (12/04/2024) di Pos Pelayanan Ops Ketupat Toba 2024 Polres Tanah Karo di Simpang Doulu Berastagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba saat perjalanan mudik lebaran 2024, khususnya di kalangan para supir angkutan umum lintas kota/kabupaten dalam provinsi yang berpotensi mengakibatkan laka lantas.

Kepala Polisi Resort (Kapolres) Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, didampingi para PJU, langsung turun memimpin jalannya pemeriksaan yang dilaksanakan Satresnarkoba Polres Tanah Karo bekerja sama dengan BNN Kabupaten Karo.

“Ini dilakukan untuk memastikan para sopir harus dalam kondisi sehat, karena ini menyangkut keselamatan penumpang, biar mereka selamat sampai ke kampung halaman,” tuturnya.

Pengemudi angkutan yang melintas di depan pos, secara random/acak diberhentikan dan langsung diambil sampel urinenya untuk kemudian diperiksa oleh petugas dari BNN Karo.

Dikatakan AKBP Wahyudi, kegiatan ini dilaksanakan untuk untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran yang diakibatkan dari kelalaian supir angkutan umum yang mengkonsumsi narkoba atau obat obatan terlarang.

“Jadi jika ditemukan hasil tes urine yang positif narkoba, yang bersangkutan akan diperiksa lebih lanjut dan akan langsung kita panggil mandor trayek angkutan umum tersebut, untuk diminta mengistirahatkan supir atau kernek yang terindikasi positif,” jelas Wahyudi.

Dari hasil kegiatan, sebanyak 10 supir angkutan umum antar kota/kabupaten yang telah periksa secara acak, dites urine, hasil tes semua negatif dan tidak diketemukan yang mengandung narkotika.

Terakhir, AKBP Wahyudi mengatakan, selama masa libur lebaran ini, kegiatan tes urine bagi sopir angkutan umum di jalur lintas Kabupaten Karo, akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga sehingga mudik lebaran berlangsung aman nyaman dan lancar. (R1)

Komentar