oleh

Buka Pelatihan Keprotokolan Pemkab Karo: Theopilus Ginting: Keprotokolan Dapat Meningkatkan Pembentukan Citra Organisasi

-Karo-124 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sebayang melalui Wakil Bupati Theopilus Ginting secara resmi membuka Pelatihan Keprotokolan Tahun 2021 di Rudang Hotel Berastagi, Kamis (25/11/2021).

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah menggelar Pelatihan Keprotokolan selama dua hari, 25 – 26 November 2021 dan di ikuti oleh peserta dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, instansi Forkopimda, /BUMD serta instansi lainnya.

Tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan

Wakil Bupati Theopilus Ginting, dalam arahan dan sambutannya menyebutkan bahwa sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor 9 Tahun 2010 tentang keprotokolan disebutkan bahwa keprotokolan adalah serangkain kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan, kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Menurut Theopilus Ginting, pelatihan keprotokolan ini merupakan penyesuaian terhadap dinamika yang tumbuh berkembang dalam sistem ketatanegaraan, budaya dan tradisi bangsa serta dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governace),oleh sebab itu dipangdang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan keprotokolan bagi para pegawai di lingkungan Pemerintah dan instansi lainnya di Kabupaten Karo, ucapnya.

Baca Juga :  Banggar DPRD Labuhanbatu Sampaikan Laporan Pembahasan Raperda APBD 2022

Bupati Karo Cory Sebayang melalui Wakil Bupati Theopilus Ginting secara resmi membuka Pelatihan Keprotokolan Kabupaten Karo Tahun 2021 di Rudang Hotel Berastagi

Penyelenggaraan kegiatan keprotokolan ini bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan kegiatan keprotokolan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Saya berharap dengan dilaksanakannya pelatihan keprotokolan ini dapat menghasilkan kader-kader protokol dan dapat di tindak lanjuti oleh OPD lainnya,” harap Theopilus Ginting.

Wakil Bupati juga meminta kepada para peserta pelatihan keprotokolan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik guna membawa kemajuan dan manfaat baik secara individu maupun organisasi untuk mendukung kegiatan resmi yang berhubungan dengan keprotokolan khususnya di lingkungan kantor masing-masing.

“Baik buruknya keprotokolan akan menunjukan wajah organisasi dihadapan publik, sehingga sangat relevan kiranya jika keprotokolan dapat meningkatkan pembentukan citra dari sebuah organisasi,” tutur dia.

Membangun Sinergitas

Sementara itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Karo, Frans Leonardo Surbakti, S.STP menyebutkan bahwa keprotokolan diatur berdasarkan asas kebangsaan, ketertiban dan kepastian hukum, keseimbangan, keserasian serta keselarasan yang ruang lingkupnya meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan.

Baca Juga :  HUT PGRI & HGN, Bupati Langkat: Guru Harus di Hormati!

“Tujuan pelatihan ini sebagai bahan koordinasi antara OPD maupun instansi Forkopimda, /BUMD dan instansi lainnya di dalam memfasilitasi setiap kegiatan daerah maupun organisasi, sehingga terjalin sinergitas antara dengan pihak penyelenggara kegiatan,” sebut Frans Leonardo Surbakti.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan/hand sanitizer dan menjaga jarak. (R1)

Baca juga:

1. Tingkatkan Kualitas Acara Kenegaraan, Pemkab Karo Gelar Pelatihan Keprotokolan 2020

2. Cegah Gelombang Ketiga Pandemi: Adaptasi Wisata dan Tradisi Rebu Ala Budaya Karo

3. Perjuangkan Pembangunan Sport Center, Bupati Karo Kunjungi Kemenpora RI

4. Finalisasi Bimtek Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Karo

5. Sembur, Kuning dan Ramuan Tradisi Karo Saatnya Go Nasional di Era Digital

Author Image

Editor dan Pimpinan Redaksi karosatuklik.com

Komentar

Topik Terkait