Bupati Karo “Panen Raya Jagung Nusantara” Serentak se Indonesia

Karo1788 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory S Sebayang mengikuti kegiatan Panen Raya Jagung Nusantara secara serentak seluruh Indonesia secara virtual di Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo Rabu (29/9/2021).

Panen raya jagung nusantara ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian
Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), serta diikuti oleh kabupaten/kota seluruh Indonesia secara virtual termasuk Kabupaten Karo.

Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021, kita bersama dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia melaksanakan Panen Raya Jagung Nusantara secara serentak di Indonesia, dimana panen raya jagung nusantara ini dipusatkan di kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kata Bupati Cory Sebayang.

Sentra Pertanaman Jagung Sumut

Bupati Karo Cory S Sebayang mengikuti kegiatan Panen Raya Jagung Nusantara secara serentak seluruh Indonesia secara virtual di Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo Rabu (29/9/2021).

 

Bupati Karo juga menambahkan, bahwa Kabupaten Karo merupakan sentra pertananam komoditi jagung di Provinsi Sumatera Utara dimana luas panen pada tahun 2020 seluas 107.241 Ha dengan jumlah produksi 715.940 ton.

“Kontribusi produksi jagung dari Kabupaten Karo untuk Provinsi Sumatera Utara mencapai 38,46 %. Melihat jumlah produksi jagung tersebut, pendapatan kotor petani jagung di kabupaten Karo mencapai Rp. 2,8 miliar dengan asumsi harga jagung Rp. 4.000/Kg,” beber Bupati.

“Target luas panen Kabupaten Karo untuk tahun 2021 seluas 108.922,5 Ha dengan target produksi sebanyak 762.457,5 ton,” tambah Bupati Karo.

Kita patut bersyukur, di kondisi sulit dan serba terbatas, Kabupaten Karo masih bertahan sebagai sentra komoditi jagung di Sumut, dan hari ini masih bisa panen jagung, sebut Cory Sebayang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian Kab Karo Ir. Metehsa Karo-karo, Camat Payung Jepta Tarigan, Kapolsek Payung, Danramil Payung.

Arahan Mentan RI

Bupati Karo Cory S Sebayang mengikuti kegiatan Panen Raya Jagung Nusantara secara serentak seluruh Indonesia secara virtual di Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo Rabu (29/9/2021).

Produksi jagung nasional kita tahun 2021 ini diperkirakan over stok 2,85 juta ton,” tegas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) pada acara panen jagung nusantara di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan dan panen serempak di seluruh wilayah Indonesia lainnya berlangsung secara virtual, Rabu (29/9/2021).

SYL mengungkapkan berdasarkan data prognosa Kementan dan BPS, luas panen jagung nasional Januari-Desember 2021 seluas 4,15 juta hektar, produksi bersihnya sebesar 15,79 juta ton dengan kadar air 14 persen.

Sementara Kebutuhan jagung setahun untuk pakan, konsumsi dan industri pangan totalnya 14,37 juta ton sehingga dengan menambahkan stok akhir Desember 2020 (carry over) sebesar 1,43 juta ton, diperoleh stok jagung 2021 sebanyak 2,85 juta ton .

“Kalau begitu tidak ada masalah dengan stok jagung kita tahun ini, kecuali cari jagung sampai 7.000 ton di supermarket tidak mungkin dapat. Tapi kalau turun ke petani dan Grobogan hari ini pasti ada berapa saja maunya,” tegasnya.

Menurutnya, ketersediaan jagung dalam negeri dipastikan aman sebab jagung merupakan komoditas yang mudah ditanam di seluruh daerah Indonesia.

Terkait polemik data jagung, mantan Gubernur dua periode ini menjami validitas data yang keluarkan pemerintah atau digunakan Kementan karena dihasilkan mulai dari proses standing crop, pemantauan melalui agriculture war room atau melalui satelit dan berdasarkan laporan pemerintah daerah serta data telah disinkronkan dengan BPS. (R1)

Baca juga:

1. Rp170,4 Milyar Kerugian Petani Terdampak Bencana Sinabung, Hingga Sekarang Belum Jelas

2. Pemkab Karo Diminta Tidak Lips Service di Masa Pandemi Covid-19, Sengkarut Persoalan Klasik Petani Belum Tertangani Dengan Baik

3. KUR Pertanian, Kementan: Sangat Diminati, Rp44,5 Triliun Sudah Terealisasi

4. Gubsu, Ketua DRPD Sumut dan Bupati Karo Panen Kentang Granola di Luar Zona Merah Gunung Sinabung

5. Hujan Deras, Presiden Jokowi Tinjau Lumbung Pangan NTT