Bupati Pakpak Bharat Kagumi Kebun Buah Naga di Desa Simberuna

Pakpak Bharat, Sumut1442 x Dibaca

Pakpak Bharat, Karosatuklik.com – Disela kunjungannya di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menyempatkan mengunjungi kebun buah naga di Desa Simbruna, Kamis (19/8/2021).

Kebun buah naga yang baru berumur lebih kurang satu tahun itu, tumbuh subur di bawah naungan pohon durian dan rambutan yang juga tumbuh subur di tempat ini.

Dalam kunjungan ini Bupati banyak berdialog dengan H Tekki Angkat petani buah naga yang telah sukses mengembangkan budi daya perkebunan buah naga yang berfungsi untuk kesehatan, semakin berkembang beberapa tahun terakhir.

Diatas lahan seluas dua hectare ini tumbuh subur dan terawat dengan baik.

“Dulunya disini saya tanam pohon karet dan sawit, akan tetapi waktu itu harga komoditi karet dan sawit sempat anjlok sehingga menyulitkan biaya perawatan dan lainnya, saya memutuskan untuk beralih ketanaman buah naga ini,” ungkap H Tekki Angkat.

Sebenarnya tujuan awal saya bertani disini, lanjut Tekki Angkat, untuk mengajak dan memberi contoh masyarakat sekitar sini untuk mengembangkan dan menggiatkan pertanian, sekarang ini banyak hasil dan manfaat yang kami dapatkan, tanaman buah ini khususnya sudah banyak berbuah dan bisa kami nikmati bersama.

“Setiap kali musim buah tempat ini selalu ramai didatangi oleh masyarakat sekitar untuk panen buah bersama-sama, sambil wisata ke ladang,” tambah H Tekki Angkat yang juga menjabat Asisten Pemerintahan Pemerintah Pakpak Bharat.

Bupati berharap kesuksesan yang diraih petani satu ini dapat diikuti oleh para petani lain di Pakpak Bharat khususnya di Sitellu Tali Urang Jehe ini.

“Sesungguhnya tanah Pakpak Bharat ini sangat luas, indah dan subur, apa saja tumbuh, asal kita punya kemauan dan kesungguhan, semua pasti jadi, kita patut bersyukur Dikaruniai alam indah nan subur,” sebut Franc Bernhard Tumanggor.

“Dengan adanya tanaman buah ini, selain untuk dikonsumsi sendiri tentunya bisa dijual dan menghasilkan uang tambahan untuk memperkuat ekonomi keluarga, ini yang sangat kita harapkan,” ucap Bupati. (R1)