Ditekuk Guinea, Garuda Muda Gagal ke Olimpiade Paris 2024

Sepakbola, Sport2039 x Dibaca

Paris, Karosatuklik.com – Dua penalti kontroversial mewarnai laga yang dimenangkan Guinea 1-0 atas Timnas Indonesia U-23 di playoff Olimpiade 2024 di INF Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5) malam WIB. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Pada menit ke-14 Indonesia mendapatkan peluang emas lewat Witan Sulaeman setelah mendapat umpan dari Nathan Tjoe-A-On. Namun umpan Witan kepada Rafael Struick masih bisa dipotong bek Guinea.

Di menit ke-18 Indonesia kembali mendapatkan peluang lewat Pratama Arhan usai mendapatkan umpan terobosan dari Marselino Ferdinan. Namun tembakan Arhan menggunakan kaki kanan masih mengarah tepat ke penjaga gawang Guinea.

Witan Sulaeman melakukan pelanggaran terhadap pemain Guinea yang sebenarnya berada di luar garis penalti, tapi secara kontroversi wasit memberikan penalti untuk Guinea pada menit ke-28.

Ilaix Moriba yang jadi eksekutor penalti menjalankan perannya dengan baik. Moriba bobol gawang Ernando Ari pada menit ke-29. Guinea memimpin sementara 1-0 atas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong sempat protes dan marah-marah kepada wasit. Pelatih asal Korea Selatan itu menganggap pelanggaran yang dilakukan Witan dilakukan di luar kotak penalti.

Keputusan wasit terbilang kontroversial. Pasalnya, dalam tayangan ulang terlihat pelanggaran Witan terjadi tepat di luar kotak penalti, meski Bah terjatuh di dalam kotak penalti. Namun, tidak adanya VAR membuat wasit tidak bisa melihat ulang insiden.

Pada menit ke-30, terdapat momen Ivar Jenner memarahi Jeam Kelly Sroyer yang dianggap terlalu mengotak-atik bola.

Di menit ke-45+6, Nathan Tjoe-A-On melakukan blunder yang membuat Guinea mengancam gawang Indonesia lewat sontekan Algassime Bah. Namun sontekannya dapat diblok Ernando Ari Sutaryadi.

Pada menit ke-54 bek Timnas Indonesia U-23 Nathan Tjoe-A-On melakukan penyelamatan gemilang dengan memblok tembakan pemain Guinea saat Ernando Ari sudah keluar dari sarangnya.

Di menit ke-60 Indonesia mengancam gawang Guinea lewat sundulan Alfeandra Dewangga usai meneruskan umpan silang Nathan. Namun sundulannya masih sedikit melenceng.

Di menit ke-73, wasit memberikan penalti kepada Guinea usai Alfeandra Dewangga melakukan tekel yang mengenai bola saat berebut bola dari kaki Algassime Bah.

Alfeandra sempat tidak menyangka wasit Francois Letexier akan memberikan penalti. Alfeandra Dewangga lalu melakukan tepuk tangan kepada wasit.

Di sisi lapangan, wasit kemudian memberikan peringatan kepada Shin Tae Yong yang marah-marah berupa kartu kuning.

Shin Tae Yong masih ngotot melakukan protes kepada wasit, dan akhirnya diberi kartu kuning kedua dan memberikan kartu merah kepada STY.

Shin Tae Yong sempat menolak keluar lapangan usai diganjar kartu merah. Teriakan Shin Tae Yong terdengar dari tribune suporter Indonesia.

Untungnya tendangan penalti pemain guinea Algassime Bah membentur tuang sebelah kanan gawang Indonesia pada menit ke-77.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia kalah 0-1 dari Guinea dan harapan untuk lolos ke Olimpiade 2024 pun pupus kali ini.

Kemenangan atas Indonesia membuat Guinea lolos ke Olimpiade 2024 dan dipastikan bakal tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Susunan Pemain Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Ferarri, Nathan Tjoe A On; Bagas Kaffa, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer.

Timnas Guinea U-23: Soumalla Sylla; Saidou Sow, Ibrahim Diakite, Facinet Conte, Madiou Keita, Algassime Bah, Ilaix Moriba, Aguibou Camara, Issiaga Camara, Ousmane Camara, Mohamed Soumah. (CNN Indonesia)

Komentar