oleh

Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Kini Indonesia Fokus ke Olimpiade 2036

Jakarta, Karosatuklik.com – Pupus sudah harapan Indonesia mencetak sejarah menjadi tuan rumah ajang . Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunjuk Brisbane, Australia sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032.

Dilansir media sosial twitter resmi, IOC pada Rabu 21 Juli 2021 mengumumkan Brisbane, Australia sebagai tuan rumah ajang olahraga 4 tahunan tersebut. Ini menjadi kali ketiga Australia berkesempatan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Sebelumnya Australia menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1956 di Melbourne dan Sydney tahun 2000.

Dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032, Australia mengalahkan Budapest (Hungaria), , Doha (Qatar), Ruhr (Jerman) dan pastinya Indonesia.

Lebih lanjut, untuk tahun 2020 ini sebenarnya Olimpiade digelar di Tokyo, namun ditunda satu tahun dan akan dimulai Minggu ini karena pandemi COVID-19.

Di 2024, Paris, Prancis yang menjadi tuan rumah dan di tahun 2028 ada Los Angeles, .

Fokus ke Olimpiade 2036

Meski gagal jadi tuan rumah di tahun 2032, Indonesia tidak berkecil hati. Indonesia saat ini bersiap untuk 2036 mendatang. Selain itu, Indonesia juga bersiap jikalau Brisbane memutuskan mundur nantinya.

Baca Juga :  Klasemen Olimpiade Tokyo Usai Eko Yuli Raih Medali Perak

“Sekarang fokusnya adalah Olimpiade 2036, sembari kami tetap mempersiapkan diri sebagai kandidat cadangan apabila dalam perjalanannya nanti, Brisbane mundur. Karena hal seperti itu bisa terjadi, seperti Asian Games 2018 kan, Vietnam mundur, sehingga kami yang dapat,” ungkap Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry J Kono.

Ferry menyebut, KOI optimistis Indonesia akan terpilih pada 2036 nanti. Secara dokumen, Indonesia sudah lebih lengkap. Selain itu, Indonesia juga saat ini sudah berada dalam tahap continous dialogue.

“Kami sudah punya modal kuat karena sudah di fase continous dialogue. Sehingga, kami hanya tinggal selangkah lagi untuk ke targeted dialogue di Olimpiade 2036 nanti. Kami juga menjadi salah satu kandidat yang secara dokumen sudah siap,” tutur Ferry. (R1/viva.co.id)

Komentar

Topik Terkait