Inagurasi 483 Mahasiswa IT Del, Luhut Sampaikan Pesan Penting Menuju Indonesia Emas 2045

Edukasi965 x Dibaca

Toba, Karosatuklik.com – Memandang wajah-wajah penuh semangat dan antusias para mahasiswa baru seperti ini adalah cara saya me-recharge semangat. Akhir pekan ini, saya dan istri memilih menghabiskan waktu di kampung halaman kami, Laguboti untuk menyambut 483 mahasiswa baru Angkata 23 Insitut Teknologi Del.

Demikian hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Del di media sosialnya yang dikutip Redaksi Karosatuklik.com, Sabtu (23/9/2023).

“Saya sampaikan kepada para mahasiswa baru bahwa mereka akan menjadi bagian dari tradisi keunggulan, inovasi, dan budi pekerti luhur. Sesuai dengan tujuan berdirinya IT Del yang bukan hanya menghasilkan sumber daya manusia berkualitas secara ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga berbudi pekerti luhur dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Fase kehidupan baru sebagai mahasiswa, haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengalami tantangan, kesempatan, dan petualangan ilmu.

Oleh karena itu, saya berharap kalian semua berani mengambil resiko, belajar dari pengalaman, dan punyailah rasa lapar dan dahaga akan sesuatu yang baru.

Dengan begitu, kalian akan menciptakan beragam inovasi dan terobosan dalam pengembangan teknologi.

Kepada para mahasiswa baru, selamat menempuh perjalanan akademik di kampus pilihan kalian, IT Del.

Saya berpesan gunakanlah semangat dan energi kalian yang besar untuk berproses secara intelektual, emosional, dan fisikal. Jadilah mahasiswa yang cerdas akal (Tanggap), berkarakter kuat (Tanggon), dan memiliki tubuh yang bugar (Trengginas). Jika kalian semua punya ketiganya, maka kemampuan mengambil keputusan terbaik akan kalian miliki. Itulah skill penting yang harus dipunyai seorang pemimpin.

Kepada para dosen dan staf IT Del, Selamat Dies Natalis yang ke-22. Terima kasih yang teramat besar atas seluruh loyalitas dan integritas dalam membimbing anak-anak kami untuk menghadapi tantangan di masa depan. Ketahuilah bahwa anda semua adalah garda terdepan dalam mewujudkan pendidikan yang adil, merata, dan berkualitas menuju Indonesia Emas 2045.

Seperti diketahui, Sudah 22 tahun berdiri, kampus berbasis teknologi itu memang konsisten mengedepankan pendidikan karakter bagi mahasiswanya. Pelajaran mereka tidak hanya fokus pada ilmunya saja, tetapi juga wataknya.

Warga Del mengenal pendidikan karakter tersebut dengan singkatan 3M yaitu MarTuhan, Marroha dan Marbisuk. Artinya menempatkan Tuhan sebagai yang utama, menanamkan karakter rendah hati barulah punya ilmu yang mumpuni.

Selain inagurasi, kegiatan juga diisi dengan perayaan Dies Natalis IT Del yang ke-22 tahun. Bukan kue, perayaan justru ditandai dengan pembagian camilan khas Toba “Lapet” dan buah-buahan dari Pembina Luhut kepada para orang tua.

Jadilah SDM berkualitas

Dalam sambutannya, Pembina Yayasan Del Luhut Binsar Pandjaitan mengamanatkan agar anak-anak menjadi bagian dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas. Ia menjabarkan dengan runut betapa Indonesia punya potensi yang sangat besar untuk menjadi negara maju.

“Kita kerjakan tim, sungguh-sungguh, dengan hati untuk bangun Indonesia. Kiranya Tuhan yang Maha Kasih akan menyertai kita,” kata Luhut. (R1)

Komentar