Persiapan Seleksi PPPK Guru 2024, Kemendikbud: Pengajuan dari Daerah Belum Penuhi Kuota

Edukasi2233 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek dalam waktu dekat akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK guru.

Ketua Tim Kerja Perencanaan dan Efektifitas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Dicky Martono mengungkap, saat ini PPPK guru dalam tahapan rincian jabatan.

Jadi, Pemda sudah membuat rincian jabatan yang akan diusulkan pada seleksi tahun ini. Kalau sudah selesai perincian tahapan selanjutnya adalah pendaftaran,” katanya di Natuna, Kepulauan Riau pada Kamis, 16 Mei 2024.

Prosedur ini, menurut Dicky, bersamaan dengan proses verifikasi kualifikasi calon peserta yang sesuai dengan formasi dan kualifikasi maupun sertifikasinya. Persiapannya sudah 90 persen. “Kami masih menunggu penetapan rincian kemudian nanti baru pemdaftaran,” ujarnya.

Berbicara soal kapan dibukanya pendaftaran PPPK guru, Dicky menyebut hal itu bergantung pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan Badan Kepegawaian Negara atau BKN. “Kemendikbud hanya melakukan proses pemetaan dan pendekatan ke Pemda supaya mereka mengusulkan formasi sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Dicky mengungkap, PPPK guru tahun ini sebenarnya masih jauh di bawah harapan Kemendikbud. Sebab, yang diusulkan oleh Pemda masih 55 persen dari kebutuhan 2024. Akibatnya, nanti akan ada polemik-polemik keramaian guru pada saat seleksi yang mempertanyakan mengapa mereka belum diangkat.

Adapun PPPK tahun ini seharusnya membutuhkan kurang lebih sebanyak 419 ribu guru. Sementara, yang sudah mengusulkan ke Kemenpan-RB hanya berkisar 176 ribu. Artinya, masih ada kuota yang tersisa, “Kami tidak tahu apakah tahun depan masih dibuka lagi dengan sisanya, atau ada mekanisme terbaru lagi,” kata Dicky.

Mengenai perbedaan seleksi PPPK guru tahun ini, Dicky mengaku belum bisa menjelaskan. Sebab, secara regulasi, seleksi tahun ini belum dibicarakan. “Nanti akan ditetapkan melalui Permenpan,” kata dia.

Dicky mengimbau para guru untuk memantau pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh Kemenpan-RB dan BKN. Dipastikan seleksi PPPK guru akan dibuka sebentar lagi. (Tempo.co)

Komentar