KPU Kabupaten Karo Lantik PPS di 269 Desa/Kelurahan untuk Pilkada 2024, Bupati Cory Sebayang: Empat Hal Harus Dipahami PPS

Karo2367 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menghadiri Pelantikan, Pengambilan Sumpah/Janji, dan Penandatanganan Pakta Integritas Anggota PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karo tahun 2024 yang dilantik oleh KPU Kabupaten Karo bertempat di Balai Milala Mas Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Minggu (26/05/2024).

Turut hadir, Ketua KPU Kabupaten Karo, Rendra Gaulle Ginting, SH, Forkopimda Kabupaten Karo, Sekretaris KPU Kabupaten Karo, Ahmad Jhon Sikumbang, MH, Komisioner KPU Karo, Hendra Lias Sinulingga, Jalek Ginting, Sahimin Selian dan Kurniawan Ramadan Sukatendel serta turut disaksikan Ketua Bawaslu Karo, Gemar Tarigan dan insan pers.

Juga turut hadir para tokoh rohaniawan Kristen Protestan, Katolik, Islam serta para undangan lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Cory Sebayang menekankan pentingnya peran Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“PPS adalah ujung tombak keberhasilan Pilkada serentak 2024 mendatang,” imbuhnya.

Empat Hal Harus Dipahami PPS

 

Lebih lanjut, Bupati menyebutkan empat hal yang harus dimiliki seorang anggota PPS dalam melaksanakan tugasnya.

“Ada 4 hal yang harus saya tekankan dalam melaksanakan tugas ini yaitu Integeritas dan Kejujuran, Profesionalisme, Kerjasama dan Koordinasi juga yang terakhir adalah kesiapan mental dan fisik,” sebutnya.

Kemudian Cory Sriwaty Sebayang meminta agar para anggota PPS yang telah dilantik dan diambil sumpahnya bisa memahami setiap tata aturan dan regulasi yang telah ditetapkan terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Bupati juga menyatakan harapannya agar PPS dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan tidak terprovokasi oleh partai politik peserta pemilihan kepala daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Karo yang baru dilantik, seraya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga seluruh tahapan dapat berjalan dengan baik demi kemenangan masyarakat Indonesia dan khususnya masyarakat Kabupaten Karo yang kita cintai ini,” ucap Bupati Cory Sebayang.

Untuk mencapai sasaran tersebut, Bupati menghimbau kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024, antara lain KPU, Bawaslu, aparat keamanan, insan pers, dan segmen masyarakat, agar bekerja sama secara bahu-membahu untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Masa Kerja PPS 7 Bulan

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Karo, Rendra Gaulle Ginting, SH, menyatakan bahwa anggota PPS yang telah dilantik ini akan langsung melaksanakan tugas-tugas dari KPU dan PPK, termasuk pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih.

Dijelaskan pula bahwa saat ini pemetaan TPS masih terus dikaji, mengingat pada pemilihan legislatif dan presiden lalu setiap TPS memiliki maksimal 300 pemilih, sedangkan untuk Pilkada ini setiap TPS diizinkan maksimal hingga 600 pemilih.

Rendra Gaulle Ginting menjelaskan lebih lanjut bahwa tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo telah dimulai sejak 27 Februari 2024 lalu, sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2024. “Tugas berikutnya adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan atau desa,” tambahnya.

Dia mengatakan untuk masa kerja PPS adalah 7 bulan dihitung dari hari pelantikan mereka.

“Sebelum bertugas, pastinya kami memberikan bimtek. Hari ini setelah pelantikan akan ada bimtek yang diberikan agar para PPS dapat bekerja secara maksimal,” jelasnya.

Ia berharap ke depannya anggota PPS dalam tugasnya dapat menjaga integritas dan juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya. Rendra Gaulle Ginting juga berharap PPS dapat bekerja secara maksimal.

“Harapannya PPS dapat memberikan performa terbaik dalam pelaksanaan pilkada di 269 desa/kelurahan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Karo dan tetap menjaga integritas,” tuturnya.

Sementara, Kordinator Divisi Sumber Daya Masyarakat (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Karo, Sahimin Selian, menambahkan, bahwa masa kerja PPS selama 7 bulan. PPS yang dilantik berjumlah 807 orang, namun satu tidak hadir karena sedang opname di Rumah Sakit Amanda Berastagi atas Nama Liasta Ginting, pungkasnya. (R1)

Baca Juga:

  1. Pilkada 2024: KPU Karo Resmi Lantik 85 PPK Untuk 17 Kecamatan, Berikut Ini Nama-namanya
  2. Polres Tanah Karo Gelar Apel Serpas Pengamanan TPS Pemilu 2024
  3. Bawaslu Kabupaten Karo Lantik Panwaslu 17 Kecamatan, Bupati Cory Sebayang: Kawal Pilkada 2024!
  4. Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu Sebesar Rp 50 Miliar Lebih, Bupati Cory Sebayang Harap Pilkada Karo 2024 Berjalan Lancar
  5. KPU Karo Umumkan Hasil Pleno Penetapan 40 Calon Terpilih DPRD Karo Hasil Pemilu 2024, Berikut Ini Nama-nama Mereka

Komentar