Longsor Kembali Terjadi di Sibolangit, 1 Warga Tewas, Puluhan Rumah Rusak Berat

Deli Serdang, Sumut2614 x Dibaca

Sibolangit, Karosatuklik.com – Tanah longsor menerjang pemukiman warga di Desa Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Bencana alam ini dipicu tingginya curah hujan yang terjadi pada Kamis, 11 November 2021.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Akibatnya, belasan rumah warga, 1 tempat ibadah, yaitu masjid, dan jambur, gedung serba guna warga desa tertimbun longsor.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan atau SAR Medan langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan terkait longsor, untuk melakukan pertolongan dan evakuasi terhadap korban yang rumahnya tertimbun material longsor.

“Longsor akibat curah hujan tinggi mengguyur Desa Kinangkung dari sore hari, sehingga terjadi longsoran tebing,” kata Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Kantor SAR Medan, Zul Indra, Jumat (12/11/2021).

Akibat longsor itu, rumah warga yang berada di pinggir tebing tertimpa material longsor. Adapun korban jiwa yang terdampak berjumlah 2 orang, dengan rincian 1 orang selamat dan 1 orang masih dalam pencarian.

Hingga saat ini, tim SAR gabungan yang terdiri dari Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD, TNI, Polri, dibantu warga masih melakukan pembersihan material longsor di lokasi bencana, ungkapnya.

“Untuk alat berat juga sudah diturunkan, gunanya mengevakuasi material longsor. Pencarian korban hilang juga masih dilakukan,” tandasnya.

Tanah longsor menerjang pemukiman warga di Desa Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Bencana alam ini dipicu tingginya curah hujan yang terjadi pada Kamis, 11 November 2021.

Diperoleh informasi, adapun rumah korban terdampak longsor adalah sebagai berikut :

1. Ponel Bukit
2. Eriadi Bukit
3. Yoiso Janolo
4. Ngatinem
5. Apriadi
6. Jonri Bukit
7. Devana Ginting
8. Pasti
9. Masa Tarigan
10. Nomen
11. Nelson
12. Painem

Jumlah = 12 KK

Kerusakan :
1. Rumah tertimbun = 10 unit
2. Rumah Rusak Ringan/bergeser = 2 unit
3. Belum ditemukan/tertimbun/meninggal dunia = 1 org An. Rasmiken Br. Ginting 67 thn.
4. Luka – luka = 1 Org, Masa Tarigan
5. Mesjid 1 unit tertimbun
6. Jambur = 1 unit tertimbun. (R1)