Pasca Usai Penghitungan Surat Suara di TPS, Personel Siaga Polres Tanah Karo Tingkatkan Patroli Malam ke Kantor PPK

Karo1846 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Petugas KPPS di setiap TPS yang telah selesai melakukan penghitungan surat suara mulai mengantarkan kotak hasil perolehan suara ke Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing. Poses penggeseran Kotak Suara dari TPS ke PPK, mendapat pengawalan ketat Personel Siaga Polres Tanah Karo, Jumat (16/02/2024) dini hari Pukul 00.00 WIB.

Pengawalan melekat logistik kotak suara tersebut juga untuk memaksimalkan upaya penanganan harkamtibmas, terkait pemilu pasca pemungutan suara.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, melalui Kasat Samapta AKP Enda Tarigan saat memimpin jalannya patroli di Kantor PPK Kecamatan Kabanjahe, Jumat (16/02/2024) dini hari.

Dikatakannya, personel siaga melaksanakan patroli untuk membackup dan memantau logistik suara yang sudah berada di Kantor PPK tiap kecamatan.

Ia menegaskan bahwa pengamanan logistik Pemilu menjadi prioritas utama untuk memastikan kelancaran dan keamanan pesta demokrasi 2024.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kelancaran seluruh proses tahapan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Karo. Sinergi dan koordinasi yang baik antara Polri, TNI, Bawaslu dan KPU menjadi kunci utama dalam mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan berintegritas,” katanya.

Dengan dilakukannya pengawalan melekat Kotak suara dan kelengkapan lainnya di kantor PPK akan menyelesaikan satu tahapan di TPS untuk selanjutnya dilakukan perhitungan di PPK. “Kita berharap agar situasi di kecamatan pada umumnya tetap kondusif sampai adanya pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo nantinya,” lanjutnya.

Patroli dilaksanakan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak tiga unit, dengan menyambangi Kantor PPK Kecamatan Kabanjahe.

“Patroli di Kantor PPK Kabanjahe, untuk mengecek situasi dan pemantauan serta memastikan logistik surat suara pemilu dalam keadaan aman,” jelas dia.

Intinya, sambung Enda Tarigan, serangkaian proses pergeseran Kotak Suara dari PPS menuju PPK Kecamatan, Polres Tanah Karo menerjunkan seluruh personil yang melaksanakan pengamanan di TPS agar pergeseran Kotak Suara yang dipergunakan pada saat pemungutan suara pemilu 2024 dipastikan aman dan baik, tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mengitar kota Kabanjahe untuk memberikan rasa aman ditengah masyarakat pasca pesta demokrasi pemilu tahun 2024.

Lanjutkannya, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat apabila ada mengetahui informasi informasi yang potensi menimbulkan gangguan ataun kelancaran pemilu, untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib, bisa melalui 110.

“Polres Tanah Karo terus stand by memantau situasi jajaran untuk memastikan keamanan dan kelancaran khususnya terkait pelaksanaan pemilu di Kabupaten Karo tetap berjalan aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hasil resmi Pemilu 2024 akan diketahui lewat rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU dari 15 Februari hingga 20 Maret 2024. (R1)

Komentar