Peringati HBP ke-58, Rutan Kabanjahe Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan hingga Aksi Bakti Sosial

Karo2060 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Di Bulan Suci kali ini, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe hingga aksi bakti sosial. Hal itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022, Rabu (20/4/2022) Pukul 14.00 WIB.

Bakti sosial ditujukan kepada masyarakat, veteran dan insan jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19. Jajaran Rutan Kabanjahe memiliki tanggungjawab moral untuk ikut membantu masyarakat kurang mampu yang berdomisili di sekitar Rutan Kabanjahe sekaligus sebagai bentuk implementasi tagline motto “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju”.

Kepala Rutan Kabanjahe Sangapta Surbakti menyampaikan bakti sosial ini merupakan serangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 untuk membantu meringankan beban sesama, serta berbagi rezeki kepada sesama.

Peringati HBP ke-58, Rutan Kabanjahe Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan hingga Aksi Bakti Sosial

Bakti Sosial

“Hari ini kita mengadakan bakti sosial dengan menyalurkan lebih kurang 80 paket sembako kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu, membantu meringankan beban mereka terutama dalam kondisi pandemi covid-19 yang belum mereda seperti sekarang ini banyak masyarakat sekitar kita yang mengalami kesulitan yang membutuhkan perhatian dan kepedulian dari uluran tangan kita dengan penuh kasih,” imbuhnya.

“Jika menerima adalah berkat, maka memberi adalah anugrah,” kata Sangapta Surbakti yang juga mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Tua.

Ia juga berharap dari kegiatan bakti sosial ini, selain bertujuan untuk memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58, juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat mendatangkan keberkahan dan kebaikan di Bulan Suci Ramadhan ini.

Sangapta Surbakti tidak lupa mengapresiasi dan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pegawai Rutan Kabanjahe yang telah iklas berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan mendatangkan keberkahan,” ucapnya.

Sementara itu salah satu anggota Veteran Kabupaten Karo R Ginting menyampaikan ucapan terima kasih kepada Karutan Kelas IIB Kabanjahe atas bantuan yang diberikan kepada kami.

“Saya sangat berterima kasih dan merasa senang atas bantuan yang diberikan, terlebih ini pada bulan suci Ramadhan, semoga dilimpahkan rejeki dan kesehatan oleh Allah SWT kepada seluruh pegawai Rutan Kabanjahe,” tuturnya.

Peringati HBP ke-58, Rutan Kabanjahe Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan hingga Aksi Bakti Sosial

 

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe

Sebelum pemberian baksos, Rutan Kelas IIB Kabanjahe menggelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe, Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (20/4/2022) pagi.

Pada kesempatan itu, Sangapta Surbakti mengatakan, upacara ziarah dan tabur bunga ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu dan pahlawan bangsa. “Karena kehidupan kita sekarang ini tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa khususnya di Kabupaten Karo yang dikenal sebagai daerah basis pejuang setia NKRI,” sebutnya.

“Pada peringatan tahun ini, Rutan Kabanjahe memilih tempat upacara di Makam Pahlawan, yang kebetulan tidak jauh dari Rutan,” sambungnya.

Seluruh pegawai Rutan Kabanjahe turut serta dalam upacara dan tabur bunga tersebut. Usai upacara, para pegawai secara bergantian menabur bunga ke makam para pahlawan.

Pahlawan Sebagai Inspirasi Dalam Bekerja Profesional

Harapannya, dengan digelarnya agenda tersebut, menjadikan para pegawai lebih menghargai jasa para pahlawan serta menghayati perjuangan mereka. Sehingga, akan tumbuh motivasi dan inovasi untuk bekerja keras memberikan yang terbaik untuk Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini bukan sekedar seremoni, tapi memiliki pesan moral dan makna mendalam agar para pegawai menyadari dan menjadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam bekerja secara profesional, inovatif, akuntabel, sinergi dan sebagainya,” pesan Sangapta Surbakti.

Selain itu, para pegawai juga diharapkan bisa lebih berakhlak. Sebab, dengan memiliki akhlak yang baik, para ASN bisa lebih diharapkan untuk memajukan Indonesia.

“Dengan akhlak, maka ASN bisa diharapkan untuk kemajuan bangsa Indonesia,” imbuh Sangapta Surbakti.

Para pegawai yang turut serta dalam kegiatan itu juga termasuk CASN baru sebanyak 16 orang. Rinciannya, satu perawat dan 15 lainnya penjaga tahanan. Mereka diharapkan menjadi tunas integritas yang bekerja dengan penuh tanggungjawab, harapnya. (R1)