Diduga Dirusak OTK, Bupati Karo dan Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Pipa Transmisi PDAM Tirta Malem yang Rusak

Karo1083 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory S.Sebayang bersama Kapoldasu Irjen Panca Putra Simanjuntak dan Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH, SIK, MH tinjau pipa transmisi PDAM Tirta Malem Kabanjahe yang mengairi sebanyak 3800 pelanggan dari mata air Siosar karena terjadi kerusakan.

Peninjauan tersebut turut juga dihadiri oleh Kapolsek Tigapanah AKP Halason Sihotang SH, Kasatpol PP Gelora Fajar Purba SH, MH, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Karo Frans Leonardo Surbakti SSTP, Kepala Desa Simacem Senen Batunanggar serta personil polsek Tanah Karo dan pejabat PDAM Tirta Malem.

Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Malem Kabanjahe, Jusup Sukatendel, ST, MPD saat meninjau ke lokasi, Rabu (25/4/2023) menjelaskan, bahwa kerusakan pipa transmisi berdiameter 16 Hpde yang bersumber dari mata air Lau Bengap diduga dijebol oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab dengan membakarnya menggunakan kompor gas sehingga air menjadi mati total.

Dengan rusaknya pipa tersebut mengakibatkan 3.800 pelanggan PDAM Tirta Malem tersendat pasokan air minumnya.

“Kerusakan pipa tersebut diketahui satu hari sebelum idul fitri, namun baru semalam kita ketahui titik dari rusaknya pipa tersebut, sehingga hari ini kita tinjau ke lokasi dimana rusaknya pipa tersebut,” sebut dia.

“Kita berharap agar pasokan air akan kembali lancar secepatnya, karena kita telah menghubungi pihak PDAM Tirta Nadi Medan dan hari ini juga langsung meluncur ke lokasi untuk membantu memperbaiki pipa tersebut,” imbuhnya.

“Kami mohon maaf kepada pelanggan PDAM Tirta Malem atas tersendatnya pasokan air minum akibat dijebol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Saya juga ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan Pak Kapoldasu, juga Bupati Karo,” ucapnya.

Direktur PDAM Tirta Malem, Jusup Sukatendel menuturkan kasus yang terjadi saat ini merupakan yang pertama kali dialami PDAM Tirta Malem.

“Kasus ini baru pertama kali terjadi dan bukan berada di titik kritis, sehingga pada hari ketiga baru ditemukan kerusakannya,” ucap Jusup.

Sementara Bupati Karo Cory Sebayang meminta Polres Tanah Karo untuk menyelidiki siapa orang yang dengan sengaja merusak pipa.

“Akibatnya, ribuan pelanggan PDAM Tirta Malem mengalami tersendatnya pasokan air bersih,” ujarnya.
Sementara, Kapoldasu Irjen Panca Putra Simanjuntak mengharapkan agar pihak PDAM Tirta Malem dibantu Polres Tanah Karo agar segera memperbaiki pipa tersebut, sehingga besok sore air sudah dapat mengalir seperti semula, pungkas Kapolda. (R1)

Komentar