Pertama Kali Ikut Sidang Kabinet Paripurna, AHY Salaman dengan Moeldoko

Catatan Redaksi1973 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (26/2/2024).

Sidang kabinet paripurna ini menjadi pengalaman pertama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menjelang digelarnya sidang, terlihat AHY dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saling bersalaman dan bertegur sapa selama beberapa detik. Momen ini pun menjadi perhatian awak media yang meliput.

Sebelum bersalaman, AHY tengah mengobrol dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Hadi yang melihat Moeldoko di belakang AHY pun langsung menyalaminya. Kemudian disusul AHY yang bersalaman dengan Moeldoko.

Sembari berjabat tangan, AHY dan Moeldoko terlihat saling mengucapkan beberapa kata. Merespons seruan awak media, keduanya kemudian berpose sembari berjabat tangan dengan senyum semringah.

Jabat tangan itu berlangsung selama 10 detik, hingga akhirnya Moeldoko berlalu untuk menyapa menteri dan pejabat lainnya.

Diketahui, AHY dan Moeldoko sempat terlibat perseturuan terkait status ketua umum Partai Demokrat. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui surat keputusan Nomor M.HH.UM.01.01-47 mengesahkan kepengurusan DPP Partai Demokrat pimpinan AHY sebagaimana hasil Kongres V Partai Demokrat pada 2020.

Kubu Moeldoko sempat mengajukan gugatan di tingkat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) hingga Mahkamah Agung (MA), yang menolak permohonan kubu Moeldoko.

Partai Demokrat secara resmi masuk koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo setelah AHY menjabat menteri ATR/BPN menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam). Keduanya dilantik bersama-sama oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Namun, dalam pelantikan tersebut, Moeldoko tidak terlihat hadir. Di hari yang sama, Moeldoko kemudian mengunggah kegiatannya dalam akun Instagramnya @dr_moeldoko.

Moeldoko menjelaskan saat itu, tengah berada di Kolombo, Sri Lanka, untuk menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri 34 delegasi negara.

“Yang cari saya hari ini, tenang-tenang, saya ada di sini,” tulis Moeldoko dalam akun Instagram pribadinya, @dr_moeldoko, pada Rabu sore.

Dia juga mengucapkan selamat atas dilantiknya dua menteri baru Jokowi, AHY dan Hadi Tjahjanto.

“Saya ucapkan juga selamat kepada pak @hadi.tjahjanto dan mas @agusyudhoyono yang telah dilantik oleh presiden @jokowi menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju. Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai kepala @kantorstafpresidenri untuk menjadi pembicara forum @fao di Sri Lanka,” ucap Moeldoko. (BeritaSatu)

Komentar