Polisi Amankan Perayaan Tri Suci Waisak di Tanah Karo

Karo2219 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Puluhan personel Polres Tanah Karo, Polda Sumatera Utara mengamankan perayaan Hari raya Tri Suci Waisak di sejumlah vihara di wilayah hukum Polres Tanah Karo pada Kamis (23/5/2024).

Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan rangkaian ibadah yang dilakukan umat Buddha dalam menyambut Hari Raya Waisak berjalan dengan aman dan khidmat.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, jajaran Polres Tanah Karo seperti Wakapolres Kompol Zulham, S.H, S. Kom, M.H, M.M, Kabag Ops Kompol A. Abdullah, S.H, Kasat SDM AKP Alfian Arbi, S.H, serta Perwira dan Brigadir Pengamanan Polres Tanah Karo langsung turun ke lapangan.

Tak hanya itu, Polres Tanah Karo juga mengerahkan kekuatan personelnya sebanyak 47 orang ditempatkan untuk pengamanan rumah ibadah, dan 38 orang ditempatkan untuk pengamanan jalur lalulintas.

“Langkah ini kita lakukan untuk menjaga dan memastikan keamanan serta kenyamanan saudara-saudara kita yang memperingati hari Tri Suci Waisak, maupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Karo,” kata Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, CPHR, CBA, melalui Wakapolres Kompol Zulham.

“Kami ingin memastikan umat Buddha dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan penuh khidmat,” ujarnya.

Selain menyiagakan personel di lokasi-lokasi vihara, Polres Tanah Karo juga melakukan patroli keliling untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Pengamanan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi umat Buddha dalam menjalankan ibadah mereka maupun masyarakat umum lainya yang menjalankan aktivitas rutinya

Sebelum patroli ke lapangan, jajaran Polres Tanah Karo terlebih dahulu melaksanakan apel pada pukul 08.00 WIB, di Mapolres Tanah Karo. Selanjutnya, personel Pengamanan langsung menempati Obyek Pemgamanan Vihara Jajaran Kabupaten Karo dan Jalur Lalu Lintas.

Selanjutnya, pada pukul 08.30 WIB, Waka Polres bersama PJU melaksanakan sambang ke Vihara Budi Luhur di Jalan Lingkar (Ring Road) Kabanjahe.

“Saat kita pantau ke lapangan, kita dapati Vihara tidak melaksanakan kegiatan sembahyang, namun personil pengamanan tetap stand by dan patroli di objek pengamanan Vihara,” katanya.

Pada patroli kali ini, dilaksanakan di beberapa titik seperti Vihara Budi Luhur di Jalan Lingkar Kabanjahe, Vihara Mandalagiri Maitreya di Jalan Rata P. Angin Kabanjahe, Vihara Darma Santi Berastagi, Vihara/Pengkuburan Kstigarba Jalan Jamin Ginting, Desa Peceren, Berastagi, Vihara Shwedagon Desa Dolat Rakyat, dan Vihara Budha Gundaling Berastagi. (R1)

Komentar