Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri, Kapolres Tanah Karo: Mewujudkan Sitkamtibmas yang Kondusif dan Menekan Persebaran Covid19

Karo1921 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Polisi Resort (Polres) Tanah Karo menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H/2022 di Aula Pur Pur Sage Polres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (21/4/2022)

Rakor yang dipimpin Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH, SIK, MH dihadiri Bupati Cory S Sebayang diwakili Asisten I Setdakab Karo, Caprilus Barus, S.Sos, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Karo.

Turut juga hadir, Ketua PN Kabanjahe diwakili Hakim Immanuel Marganda Putra Sirait, SH MH, Kajari Karo diwakili Jaksa Marthin L, Dansubdenpom I/2-1 Kapten CPM Dwi Darsono, PJU Polres Tanah Karo, Kapolsek/Ta Jajaran Polres, para pimpinan OPD Pemkab Karo, perwakilan pengurus Bus AKDP, Ketua MUI Karo, Drs. H. F. Samadin Tarigan, Sag, tokoh adat dan agama serta stakeholder lainnya.

Bersinergi, Berkoordinasi dan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Polisi Resort (Polres) Tanah Karo menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H/2022 di Aula Pur Pur Sage Polres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (21/4/2022)

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar menyebutkan, melalui rapat itu diharapkan nantinya semua lintas instansi mampu mendorong sinergitas antar fungsi dan juga sinergitas antar instansi terkait dengan unsur-unsur pemerintahan lainnya yang terlibat.

“Kita berharap keterlibatan intansi terkait dalam Ops Ketupat Toba 2022, dapat mewujudkan Sitkamtibmas yang kondusif, Kamseltibcarlantas dan menekan persebaran Covid19, menjelang dan pasca Idul Fitri,” harapnya.

Mari kita sama-sama bersinergi, semoga libur lebaran kali ini, kita dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan masyarakat yang berlibur ke Kabupaten Karo mendapat kesan yang baik, rasa aman dan nyaman sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan kesehjateraan masyarakat, imbuh AKBP Ronny Nicolas Sidabutar.

Dari sisi keamanan, Kapolres dalam paparannya menjelaskan potensi kerawanan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyambut perayaan Idul Fitri 1443 H di Kabupaten Karo. Dijelaskan juga pihaknya merencanakan menempatkan sejumlah Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di sejumlah titik tertentu.

Arus Mudik dan Balik Lancar, Aman dan Nyaman

Polisi Resort (Polres) Tanah Karo menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H/2022 di Aula Pur Pur Sage Polres Tanah Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (21/4/2022)

Kapolres menambahkan tujuan dari Operasi Ketupat Toba 2022 ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari raya Idul Fitri.

“Selain itu juga untuk menjaga masyarakat dari penularan COVID-19, terwujudnya arus mudik dan balik yang lancar, serta menurunkan jumlah tindak kriminal, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Tanah Karo,” pungkas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar.

Senada dikatakan Dandim 0205/TK, Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro. Menurutnya, dalam pelaksanaan Ops agar tetap saling bekerja sama, bersinergi, berkoordinasi dan antisipasi gangguan Kamtibmas serta persebaran Covid19.”Dengan saling bekerjasama dan berkoordinasi dipastikan tujuan kita akan tercapai dalam memberikan rasa aman dan nyaman maupun dalam menekan persebaran Covid-19 di Kabupaten Karo,” ucapnya.

Sementara Bupati Karo yang diwakili Asisten I, berharap pelaksanaan Ops Ketupat 2022 di Kabupaten Karo dapat berjalan dengan baik. “Tentunya seluruh unsur Pimpinan Daerah agar dapat bersinergi dan terus melakukan koordinasi untuk dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengunjung dan masyarakat yang merayakan Idul Fitri,” ungkapnya.

Ia juga meminta jajarannya OPD Pemkab Karo untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Karo, dalam hal ini tenaga kesehatan dan petugas vaksinasi untuk ditempatkan di pintu-pintu masuk utama menuju Kabupaten Karo. (R1)