Susanti Dewayani Dilantik jadi Wakil Wali Kota Pematang Siantar

Sumut1539 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi atas nama Presiden RI Joko Widodo melantik dr. Susanti Dewayani, Sp.A jadi Wakil Wali Kota Pematang Siantar hasil Pilkada Serentak 2020.

Pelantikan ini digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Medan, Selasa (22/2/2022).
“Pada hari ini Selasa 22 Februari 2022, saya Edy Rahmayadi atas nama Presiden RI dengan ini resmi melantik saudari Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar berdasarkan putusan Menteri Dalam Negeri nomor 131/12/354 tahun 2021 tanggal 23 Februari 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten/kota pada Provinsi Sumatera Utara,” demikian petikan kata pelantikan yang disampaikan Edy Rahmayadi.

Susanti Dewayani Dilantik jadi Wakil Wali Kota Pematang Siantar

Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

Perlu kita ketahui, bahwa Kota Pematangsiantar adalah kota terbesar nomor dua di Sumatera Utara, salah satu kota dengan potensi ekonomi yang sangat besar karena menjadi perlintasan beberapa objek wisata, khususnya menuju kawasan Danau Toba.

Sehingga saya berharap, kepada Wakil Walikota Pematangsiantar yang baru dilantik hari ini, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, agar Kota Pematang Siantar ini dikelola dengan sebaik-baiknya, prioritaskan kesejahteraan rakyat dalam membangun kota ini. “Apa yang anda emban hari ini adalah amanah dari rakyat, besar tanggung jawabnya di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa,” pesan Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumatera Utara, Zubaidi saat membacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri menyebutkan Susanti Dewayani dilantik sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar.
Sedangkan, Wali Kota Pematang Siantar terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 atas nama Asner Silalahi tidak dilakukan pelantikan karena telah meninggal dunia.

Diketahui, Asner Silalahi-Susanti Dewayani merupakan calon tunggal di Pilkada Kota Pematangsiantar 2020 lalu. Hasilnya, pasangan ini terpilih. Namun pada 13 Januari 2021, Asner Silalahi meninggal dunia.

Pelantikannya sendiri baru digelar sekitar 1 tahun setelah terpilih karena jabatan Wali Kota-Wakil Walikota Pematang Siantar sebelumnya Hefriansyah-Togar Sitorus baru berakhir pada Februari 2022 ini. (R1)