Usai Mencoblos, Bupati Cory Sebayang Tinjau Sejumlah TPS: Pastikan Proses Pemilu Berjalan Lancar dan Harapkan Partisipasi Pemilih 90 Persen

Karo1719 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Proses Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang dilaksanakan serentak pada 14 Februari ini di sambut dengan suka cita oleh masyarakat, begitu juga dengan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang yang memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) I Kelurahan Gung Leto, Kabanjahe, Rabu (14/02/2024) pagi.

Usai tahapan pencoblosan selesai, Bupati Karo bersama jajaran langsung melakukan monitoring ke beberapa TPS di beberapa Kecamatan.

Dengan mengenakan pakaian santai dan senyum yang ramah, Bupati Cory Sebayang tiba di TPS pada pukul 09.00 pagi, disambut oleh antusiasme dari warga sekitar.

Tidak hanya memberikan hak suaranya, Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara berlangsung.

Setelah memberikan hak suaranya, Bupati Cory Sebayang bersama Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afryan Rangkuti, Bawaslu, KPU Karo dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Karo melakukan kunjungan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Karo.

Di sejumlah TPS, Bupati Cory Sebayang menyempatkan diri untuk berdialog dengan pemilih yang masih antre untuk memberikan suaranya. Ia juga memantau ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan pemilih dan memberikan semangat kepada para petugas yang ada di TPS agar memberikan kenyamanan kepada para pemilih.

Adapun sejumlah TPS yang didatangi yakni TPS 1 – 6 Desa Bunuraya, Kecamatan Tigapanah, TPS 1 – 4 Desa Sukanalu Kecamatan Barusjahe, TPS 5 dan 6 Desa Barusjahe, dan TPS 1 – 5 Desa Tanjung Barus Kecamatan Barusjahe.

Dalam kesempatan tersebut ada beberapa hal yang disampaikan, Bupati Cory Sebayang, pertama ia berharap pemungutan suara hingga penghitungan surat suara pemilu selesai bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai.

Diharapkan Tingkat Partisipasi Pemilih 90 Persen

Lalu ia juga berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Karo bisa maksimal, mencapai 90 persen. “Bersyukur kalau angka partisipasinya bisa lebih dari itu,” imbuhnya.

Kemudian dia berharap seluruh petugas mulai dari KPPS, pengawas pemilu, dan lainnya selalu sehat, sebab mulai dari persiapan hingga pelaksanaan membutuhkan tubuh yang kuat dan fit.

“Saya juga berpesan kepada KPPS dan pengawas pemilu termasuk aparat kepolisian dan TNI yang bertugas agar bisa menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai aturan yang berlaku dan bertanggung jawab serta bisa menjaga kesehatan,” kata Cory Sebayang.

“Dari sejumlah TPS yang kami pantau, pelaksanaan pemilihan berlangsung lancar, aman dan kondusif. Hal ini kita harapkan terjadi di seluruh TPS dengan jumlah total 1.217 TPS yang tersebar di 269 Desa/Kelurahan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Karo,” ungkap Bupati Cory Sebayang.

“Momentum pesta demokrasi ini harus menjadi sarana untuk menggunakan hak suara. Ingat, jangan sampai golput. Kemudian yang tak kalah penting mari kita bersama-sama menjaga suasana Pemilu 2024 agar tetap kondusif dan damai, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” imbuhnya mengingatkan. (Redaksi1)

Komentar