Bawa Penumpang di Atas Kabin, Supir Bus AKDP Medan-Berastagi Ditilang

Karo1901 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Salah satu bus antarkota dalam provinsi (AKDP) lintas Kabupaten Karo – Medan, ditindak Satlantas Polres Tanah Karo, karena mengangkut penumpang di atap mobil. Tindakan tersebut dinilai sangat membahayakan penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Penindakan tersebut dilaksanakan di perbatasan Kabupaten Karo – Deliserdang, Penatapan Jagung Bakar, Desa Doulu Kecamatan Berastagi, Kamis (08/02/2024) siang Pukul 14.45 WIB.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM melalui PS. Kasat Lantas, Iptu M. Ridho Rasyid, S. Trk, mengatakan pihaknya, dari Unit Turjawali Sat lantas Polres Tanah Karo langsung bertindak, melihat adanya angkutan umum yang melakukan pelanggaran membawa penumpang diatas kabin mobil dengan melakukan penilangan kepada supir.

“Langsung kita lakukan penindakan berupa tilang dan juga kita berikan penegasan kepada supir untuk tidak mengulanginya, kalau sampai terulang kita cabut SIMnya,” tegasnya.

Menurut M. Ridho, tindakan tegas yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan upaya antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. “Jelas itu sangat berbahaya dan potensi laka lantas, untuk itu kita antisipasi mulai sekarang, walaupun belum ditemukan kecelakaan tersebut,” tambahnya.

“Supir bus AKDP jurusan Medan-Kabupaten Karo harus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya, tidak mengangkut penumpang ke atas kabin dan tidak ugal-ugalan di jalan raya,” imbaunya.

Untuk kedepan, lanjut Iptu M. Ridho Rasyid, S. Trk, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya kalangan anak muda, baik dari luar Kabupaten Karo maupun dari dalam, apabila menaiki kendaraan umum, untuk tidak menaiki bus penumpang diatas kap, ataupun bergantung, cukup duduk saja didalam mobil.

“Kalau penuh ya tunggu angkutan lain, jangan dipaksakan naik diatas atap, jaga keselamatan diri dari bahaya laka lantas. Jangan tunggu kejadian baru menyesal,” ungkap Iptu M. Ridho Rasyid.

Ia mengingatkan pentingnya kesadaran seluruh pengemudi bus AKDP untuk menaati aturan berlalu lintas demi keselamatan bersama. (R1)

Baca Juga:

  1. Cegah Kemacetan, Jalan Medan – Berastagi Mendapat Perhatian Serius Satlantas Polres Tanah Karo
  2. Hari Pertama Ops Zebra Toba 2023, Sat Lantas Polres Tanah Karo Tindak Puluhan Pelanggar
  3. Marak Knalpot Bising, Kasat Lantas Polres Tanah Karo Gelar Razia
  4. Untuk Keamanan Berlalu Lintas Sore Hari, Satlantas Polres Karo Rutin Gelar Patroli Sore
  5. Ketua DPRD Karo Apresiasi Kapolres AKBP Ronny NS Sidabutar Rajin Turun ke Jalan Bantu Urai Kemacetan

Komentar