Bupati Karo Hadiri Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester I Digelar di Hotel Plataran Heritage Borobudur

Karo788 x Dibaca

Magelang, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengembangan 5 Program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Plataran Heritage Borobudur Hotel, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (21/07/2023)

Adapun kelima DPSP tersebut terdiri dari Toba, Borobudur, Labuan Bajo-Flores, Mandalika dan Likupang, sekaligus dilakukan penandatanganan MoU Pengembangan Destinasi Kawasan Super Prioritas Danau Toba antara Bupati Karo, Bupati Toba, Bupati Dairi, Bupati Samosir dan Gubernur Sumatera Utara bersama dgn InJourne dalam rangka penyelenggaraan Aquabike World Championship 2023 yg akan diselenggarakan pada bulan November 2023 di 4 Kabupaten Kawasan Danau Toba.

Rakornas ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdulah Azwar Anas, Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, dan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Forum Investasi, yang berlangsung pada 20 Juli 2023, meliputi dua kegiatan utama: Workshop Peningkatan Materi Promosi Investasi dan Gala Dinner bersama Investor Potensial.

Workshop ini dihadiri oleh tiga Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (Labuan Bajo, Toba, dan Borobudur), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Likupang, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dari Provinsi/kabupaten/Kota di 5 DPSP.

Berdasarkan informasi yang diterima Redaksi Karosatuklik.com, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin, menekankan pentingnya akselerasi pengembangan 5 DPSP di Indonesia dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.
Menurutnya, workshop ini bertujuan untuk menyempurnakan materi promosi investasi yang telah dirancang sebelumnya dan memotivasi DPMPTSP untuk berpartisipasi secara proaktif dalam kegiatan promosi investasi.

Narasumber dalam workshop ini berasal dari International Finance Corporation/IFC (World Bank Group) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Peserta workshop diminta untuk mengirimkan materi promosi investasi yang akan ditelaah oleh IFC, dan diberikan masukan untuk dipromosikan pada berbagai kegiatan promosi investasi, termasuk pada International Tourism Investment Forum yang akan diselenggarakan di Bali pada 26-27 Juli 2023.

Rapat Koordinasi Tingkat Menteri, yang berlangsung pada 21 Juli 2023, dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjahitan. Rakornas ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan 5 DPSP semester I tahun 2023.

Lima DPSP yang menjadi fokus pengembangan meliputi Toba, Borobudur, Labuan Bajo-Flores, Mandalika dan Likupang.

DPSP Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo-Flores dikelola oleh Badan Otorita, sementara DPSP Mandalika dan Likupang dikelola oleh Badan Usaha, yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Minahasa Permai Resort Development. (Redaksi1)

Komentar