KPU Resmi Umumkan Desain Surat Suara Pilpres 2024

Nasional15823 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan desain surat suara yang akan digunakan di pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Adapun surat suara itu memuat tiga gambar Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan maju dalam kontestasi Pemilu 2024.

Diketahui tiga pasangan Capres-Cawapres yang telah terdaftar di KPU itu yakni, Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka no urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD no 3.

Anggota KPU RI, Yulianto Sudrajat mengatakan, bahwa pihaknya telah resmi menetapkan desain surat suara Pilpres pada pemilu 2024. Dirinya mengungkapkan, desain surat suara itu dalam waktu dekat akan segera dicetak sesuai dengan prosedur peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ini desainya. Sudah dsetujui, dan berikutnya masuk proses dipercetakan,” beber Yulianto singkat saat dikonfirmasi wartawan, pada Kamis (30/11/2023).

Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, Logistik itu mengatakan, pada dokumen desain surat suara tersebut telah terpampang foto 3 pasangan Capres-Cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024.

Selain foto, pada bagian atas dalam desain surat suara itu turut terpampangan nomor urut. Selain itu pada bagian bawah terpampang logo-logo partai politik yang mendukung masing-masing pasangan Capres-Cawapres tersebut.

Sementara itu, dalam foto pasangan Capres dan Cawapres terpampang dalam desain surat suara dengan diberikan pembatas berupa garis kotak berwarna hitam. Adapun jika dilihat dari kotak pokok sebelah kiri, nampak pula foto pasangan Capres-Cawapres beeserra nomor urut 1 yakni Anies-Cak Imin (AMIN).

Untuk kotak dibagikan tengah, juga nampak foto pasangan Capres-Cawapdes nomor urut 2 yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PSI, PBB, Prima dan Partai Garuda yakni Prabowo-Gibran.

Selanjutnya, dibagian kanan dalam desain surat suara itu juga nampak foto pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 yang diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Menariknya, dalam desain surat suara yang bakal dicetak KPU RI tersebut. Adapun hal menarik itu yakni foto 3 pasangan Capres dan Cawapres itu identik memakai pakaian yang acap kali digunakan dalam setiap acara resmi yang digelar oleh Lembaga yang dipimpin oleh Hasyim tersebut.

Dalam desain surat suara itu, Anies dan Cak Imin nampak kompak menggunakan setelan jas yang berwarna hitam dipadu kemeja warna putih dan sama-sama memakai kopiah.

Sementara Prabowo-Gibran kompak menggunakan kemeja lengan pangan berwarna biru muda. Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud Md nampak mengenakan kemeja yang berbeda yakni Ganjar memakai kemeja hitam dan sosok Mahfud memakai kemeja putih ditambah kopiah hitam.

Latar dalam desain surat suara itu diwarnai seperti bendera Kebangsaan Indonesia, warna merah dan putih. Lalu pada bagian paling atas desain suara tersebut tertulis narasi ‘Surat Suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024’, terdapat logo KPU, dan narasi ‘Pemilu Sarana Integrasi Bangsa’. (R1)

Komentar