Menteri Kabinet Jokowi Mulai Pindah ke Ibu Kota Baru Nusantara

Catatan Redaksi2154 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – MenPAN RB Abdullah Azwar Anas mengumumkan bahwa beberapa menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memulai proses pemindahan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan Juli 2024.

Salah satu menteri yang akan bergabung dalam pemindahan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Awalnya, rencana pemindahan ASN ke IKN dijadwalkan pada bulan Juli 2024. Namun, karena kendala terkait ketersediaan tempat tinggal, rencana tersebut harus ditunda hingga bulan September 2024.

Meskipun demikian, Azwar menjelaskan bahwa beberapa menteri akan tetap memulai proses pemindahan pada bulan Juli 2024, sesuai dengan rencana awal.

Ia menambahkan, apartemen di IKNakan difungsikan jelang upacara 17 Agustus tahun ini sehingga masih belum bisa digunakan untuk para ASN atau PNS.

“Kami mendapatkan arahan dari istana bahwa pemindahan bertahap. Tetapi ASN akan mulai pindah setelah Agustus,” ungkap dia beberapa saat lalu.

Ia juga menyebut, lantaran upacara akan dihadiri oleh semua peserta upacara di IKN, hal ini tentu membutuhkan hunian yang bisa menjadi tempat bagi para peserta.

“Karena itu, pemindahan tahap pertama akan dilakukan setelah bulan Agustus. Insya Allah, pemindahan akan dilakukan pada bulan September,” lanjutnya.

Azwar menjelaskan bahwa pemindahan ini didasarkan pada penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian. Pada tahap awal, sekitar 11.916 ASN dari 38 kementerian atau lembaga (K/L) akan dipindahkan. Selain itu, sebanyak 179 pejabat eselon 1 atau JPT madya juga akan turut dipindahkan. (Suara.com)

Baca Juga:

  1. Siap Pindah ke IKN, Minimal Rp50 Juta Diterima ASN
  2. Pemerintah Mulai Bangun Transportasi Kereta Tanpa Rel di IKN
  3. 6.000 ASN Bakal Dipindahkan ke IKN Mulai Juli Mendatang

Komentar