Sekda Jalan Berutu Meyakini Tagana Mampu Menangani Potensi Bencana di Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, Sumut1573 x Dibaca

Salak, Karosatuklik.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM meninjau kegiatan Pemantapan Kesiapsiagaan dan Sumber Daya Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pakpak Bharat di Balai Diklat BKPSDM, Desa Cikaok, Selasa (11/06/2024).

Dalam arahannya, Jalan Berutu memotivasi puluhan anggota Tagana, tentang besarnya tanggungjawab yang dibebankan bagi seorang anggota Tagana, sebagai garda terdepan dalam sebuah upaya penanggulangan dan pertolongan bagi peristiwa kebencanaan.

“Peran penting dari seorang anggota Tagana, mulai dari saat pra bencana, saat terjadinya bencana, dan pasca bencana, disitulah peran kita bagaimana mengendalikan manusia yang ada di sana, di lokasi bencana, mungkin perlu ditolong, perlu diangkut ke rumah sakit, dan banyak lainnya yang perlu dipersiapkan guna membantu masyarakat yang terkena bencana maupun yang diperkirakan akan terkena bencana,” kata Sekda.

Dengan pengetahuan dan berbagai strategi yang dimiliki Tagana bisa meminimalisir bahkan melakukan upaya-upaya jika terjadinya bencana, seperti potensi puting beliung, banjir, longsor, gempa bumi dan lainnya.

“Sekali lagi, tugas mulia yang berat ini harus dipikul oleh seorang Tagana, dan untuk itu anda semua dilatih dan dipersiapkan untuk selalu siaga dan siap bilamana suatu waktu dipanggil untuk tugas itu,” tegas Jalan Berutu dihadapan puluhan anggota Tagana.

Sementara Kepala Dinas Sosial Pakpak Bharat, Supardi Padang, SP, MM menjelaskan, sebanyak 20 orang anggota Tagana akan mengikuti kegiatan Pemantapan Kesiapsiagaan dan Sumber Daya Taruna Siaga Bencana ini, yang dilaksanakan selama lima hari kedepan (11-14 juni 2024).

“Mereka akan dilatih dan dibekali dalam berbagai kesiapan dan situasi kebencanaan oleh para instruktur dari Kepolisian Resort Pakpak Bharat, TNI, serta Tagana Provinsi Sumatera Utara,” ucapnya.

“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk membangun Taruna Siaga bencana yang cepat dan tanggap terhadap bencana, mampu menangani korban bencana yang pada akhirnya akan meringankan beban dari para korban itu sendiri,” jelas Supardi Padang. (WES)

Baca Juga:

  1. Longsor Jalan Nasional Sumut-Aceh Kepala BPBD Pakpak Bharat Himbau Masyarakat Waspadai Bencana Alam
  2. Bupati Ajak Pecinta Arung Jeram Rafting ‘Taklukkan’ Lae Ordi Di Pakpak Bharat
  3. Jembatan Putus Total, Sekitar 160 KK Terisolir, Bupat Pakpak Bharat Langsung Turun Kelapangan Bawa Bantuan Sembako

Komentar