Survei PRC: Prabowo-Gibran dan Anies-Imin Diprediksi ke Putaran Dua Pilpres, Ini Alasannya

Nasional6875 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Lembaga survei Politica Research and Consulting (PRC) memprediksi duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) lolos ke putaran dua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini berdasarkan hasil survei PRC periode 20-27 Desember 2023.

“Survei tersebut menunjukkan Prabowo-Gibran masih memimpin elektabilitas di 42,4 persen disusul Anies-Muhaimin 28 persen, dan Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara 21,8 persen,” kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam Rilis Survei Nasional Politika Research And Consulting bertajuk ‘Siapa Berpeluang Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Dia menjelaskan, survei dilakukan terhadap 1.200 responden menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi dengan margin of error sebesar 2,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Lebih lanjut, kata Rio mengungkapkan, hasil survei turut menunjukkan soal faktor wilayah yang berperan mendongkrak elektabilitas atau tingkat keterpilihan masing-masing pasangan capres-cawapres. Wilayah ini terutama Pulau Jawa dan Sumatera.

“Kalau kami distribusikan atau kami proporsionalkan, proporsi yang paling dominan itu ada di (Pulau) Jawa dan Sumatera karena penduduknya sudah di angka 72 persen,” ungkapnya.

Rio menyebut, pasangan Prabowo-Gibran memimpin elektabilitas di kedua wilayah tersebut. Prabowo-Gibran meraih 41 persen suara di pulau Jawa dan 42,6 persen suara di Pulau Sumatera. Di urutan kedua, pasangan calon Anies-Cak Imin meraup 25,2 persen di Pulau Jawa dan 34,7 persen di pulau Sumatera. Sedangkan Ganjar-Mahfud di urutan ketiga dengan perolehan 24,4 persen suara di Pulau Jawa dan 19,2 persen suara di Pulau Sumatera.

Diketahui, berdasarkan penetapan KPU RI, Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres-cawapres. Ketiga pasangan calon ini adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Adapun, pemungutan suara berlangsung Rabu (14/2/2024). (Sumber: Inilah.com)

Komentar