Apple Bakal Pasang Sensor Kamera Periskop di iPhone 15

Teknologi1401 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bocoran dan prediksi tentang iPhone 15 mulai banyar beredar di dunia maya. Padahal, Apple belum resmi mengumumkan kehadiran iPhone 14 di pasaran.

Meski begitu, sejumlah pengamat gadget dan leaker sudah mulai “meramu” informasi tentang berbagai hal terkait iPhone 15 ini.

Diprediksi akan meluncur pada tahun depan, Apple dikabarkan akan melakukan peningkatan terhadap lini iPhone 15. Salah satunya adalah kemampuan kamera.

Kabarnya, lini iPhone 15 yang akan diluncurkan tahun depan tersebut bakal hadir dengan sensor kamera periskop zoom.

Bilamana ini benar, maka iPhone 15 akan menjadi ponsel pertama buatan Apple yang menggunakan sensor kamera semacam tersebut.

Untuk mewujudkan “mimpi” tersebut, Apple telah bermitra dengan perusahaan asal Korea Selatan untuk membuat sensor kamera di iPhone 15.

Menurut sebuah laporan, Apple mungkin telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan. Setelah menyetujui kriteria pabrik, maka produksi pun bisa dimulai tahun depan.

Mengutip informasi The Elec via Gizchina, Minggu (17/4/2022), mitra baru Apple yang akan memproduksi sensor periskop di iPhone 15 tidak lain adalah Jahwa Electonics.

Berdasarkan laporan yang sama, perusahaan tersebut berencana menghabiskan USD 156 juta (Rp 2,2 triliun) untuk membangun pabrik produksi sensor baru itu dengan optical image stabilization (OIS) pada 2023.

Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi teknologi kamera periskop di ponsel baru Apple tampaknya harus bersabar hingga iPhone 15 series meluncur di pasaran pada 2023 mendatang.

Apple Bakal Pasang Sensor Kamera Periskop di iPhone 15

Ponsel Pertama Apple Tanpa Notch

Lebih lanjut, LeaksApplePro juga sempat mengungkap informasi tentang iPhone 15. Dia mengklaim, tim pengembang Touch ID sebelumnya kini dipindahkan ke tim Face ID. Apa artinya ini?

Ini berarti Apple mulai meninggalkan pengembangan teknologi pemindai sidik jari di layar, yang digadang-gadang akan hadir mulai dari iPhone 14 series.

Perusahaan juga ingin mengalihkan fokus R&D di fitur Face ID, sekaligus teknologi kamera di bawah layar dan kemungkinan menggantikan notch di layar ponsel.

Dilansir Gizchina, Senin (21/2/2022), LeaksApplePro menyebutkan, iPhone 15 Pro akan menjadi seri iPhone terbaru dan pertama Apple yang hadir tanpa notch.

Menurut laporan, Apple awalnya berencana untuk menambahkan fitur kamera di bawah layar untuk iPhone 13 Pro.

Namun, teknologi tersebut ternyata masih jauh dari sempurna. Diakui, masih banyak hal yang perlu dikembangkan pada teknologi ini.

Karena hal itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memutuskan untuk menunda peluncuran teknologi tersebut hingga sampai sempurna.

Apple Bakal Pasang Sensor Kamera Periskop di iPhone 15

Punch Hole di Layar

Mengutip laporan analis Apple kenamaan Mark Gurman, Selasa (4/1/2022), salah satu seri iPhone 14 akan mengadopsi desain punch hole di layar–seperti kebanyakan HP Android di pasaran.

Hal serupa juga diungkap oleh analis populer Apple lainnya, yaitu Ming-Chi Kuo.

Sayangnya, masih belum diketahui apakah desain punch hole ini akan diadopsi oleh iPhone 14 biasa atau model Pro.

Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card. Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series.

Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021. (R1/Liputan6.com)