Bupati Karo Sambut Kunjungan Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Kapolda dan Kajatisu

Karo1840 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang sambut kunjungan kerja Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R.Z Panca Putra, M.Si dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, IBN Wiswantanu ke Desa Lau Kesumpat Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, Rabu (16/2/2022).

Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Sumut dan juga Forkopimda Sumatera Utara. Bupati juga mengucapkan terimakasih dan apresiasinya atas kedangan Gubernur dan rombongan di Kabupaten Karo, ucapnya.

Cory menyebutkan, luas Panen Padi Sawah mencapai 20,006 Ha dan Padi Gogo seluas 11,087 Ha. Produksi padi sawah mencapai 126,956 Ton dengan produktivitas sebesar 63,46 Kwintal/Ha diatas rata-rata produktivitas nasional.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam arahan dan sambutannya mengatakan, Pemprovsu terus mendorong peningkatan produksi bawang merah dari Sumatera Utara khususnya Kabupaten Karo yang dikenal memiliki alam yang subur dan udara yang segar, ujarnya.

Bupati Karo Sambut Kunjungan Gubernur Sumut, Pangdam I/BB dan Kapolda

Mengapresiasi Petani di Tengah Pandemi

“Saya sangat mengapresiasi para petani kita yang tetap semangat beraktivitas di tengah situasi sulit saat ini. Mereka adalah contoh bahwa kita harus tetap berdaya dan kuat di tengah pandemi. Mereka pahlawan-pahlawan pangan kita,” ujar Edy.

“Kita harapkan dengan produktivitas yang makin baik, intervensi di bibit, diharapkan pendapatan (income) dari petani akan meningkat,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur Edy, Pemprovsu terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi bawang agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut. Selain Kabupaten Karo dan Deli Serdang, salah satu daerah yang berhasil membudidayakan bawang putih adalah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Serahkan Bantuan

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga menyerahkan bantuan kepada petani berupa obat-obat pertanian, bibit padi unggul, alat pompa dan bantuan sosial berupa paket sembako.

“Bantuan ini sebagai wujud perhatian pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan para petani di Kabupaten Karo,” ucapnya.

Bupati Karo Sambut Kunjungan Gubernur Sumut, Pangdam I/BB dan Kapolda

Arahan Pangdam I/BB

Sementara Pangdam Mayjen TNI Hassanudin menyebutkan, usaha yang paling menjanjikan adalah usaha pertanian, terutama pada masa pandemi Covid-19. “Diharapkan kedepannya produksi bawang merah yang dihasilkan para petani di Desa Lau Kesumpat semakin meningkat agar kesejahteraan petani pun kian meningkat,” harapnya.

Lanjutnya, kegiatan menanam bawang ini juga merupakan salah satu bentuk pemulihan ekonomi, program pengembangan bawang merah Kabupaten Karo.

Pangdam juga berharap agar petani khusnya di Desa Lau Kesumpat dapat melaksanakan program ini sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani hortikultura, pesan Pangdam.

Sementara itu salah seorang warga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu dan rombongan yang telah mengunjungi Desa Lau Kesumpat, sehingga dapat melaksanakan program ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ucapnya.

Menggunakan Helikopter

Pantauan dilapangan, kedatangan Gubernur dan Forkopimda Sumatera Utara dari Medan menggunakan helikopter milik Polri dan mendarat di lapangan bola kaki Desa Buluh Pancur Kecamatan Lau Baleng.
Kemudian melakukan perjalanan menggunakan mobil menuju Kecamatan Mardinding dalam rangka panen raya tanaman bawang di Desa Lau Kasumpat.

Gubernur dan rombongan juga sempat mampir di Jambur Bukit Kadir Mardinding untuk bertemu dan berdialog dengan masyarakat, selanjutnya menuju lokasi panen raya di Desa Lau Kasumpat.

Turut hadir Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Kajari Karo Fajar Syah Putra, serta sejumlah pimpinan OPD dan Camat di jajaran Pemkab Karo. (R1)

Komentar