KAM Youth Day V Sukses Digelar Hadirkan 2.600 Orang Muda, Bupati Karo Ajak Orang Muda Kembangkan Potensi Diri

Karo1788 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang hadiri perayaan pembukaan KAM Youth Day V dengan tema “Orang Muda Katolik (OMK) Berjalan Bersama, Bersaudara, Peduli, dan Selalu Memberi Diri” di Paroki Santo Petrus dan Paulus Kabanjahe, Kabupaten Karo, Jumat (21/4/2023).

Turut hadir Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga Ambar Suono, mantan anggota DPD RI, Parlindungan Purba, anggota DPR RI, Hendrik Sitompul, perwakilan dari Forkopimda Kabupaten Karo, perwakilan dari DPRD Kabupaten Karo dan tamu undangan lainnya.

Tercatat 2600 OMK se-Keuskupan Agung Medan hadir dalam KAM Youth Day V ini. Mereka semua antusias mengikuti acara yang telah dinantikan selama 5 tahun ini,” ujar Pastor Ronal Sitanggang, Ketua Pengarah KAM Youth Day V, sambil menambahkan, KAM Youth Day V ini bertajuk, “Orang Muda Katolik Berjalan Bersama: Bersaudara, Peduli, dan Memberi Diri.”

Kontingen setiap paroki hadir dengan membawa salib khas dari wilayah paroki masing-masing. Mereka datang dan mengadakan defile singkat untuk memasuki lingkungan jalannya acara. Wajah riang gembira terpancar dari setiap OMK yang hadir sembari mereka menyanyikan Theme Song KAM Youth Day, “Tuhan Memilih Kita”.

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas undangan untuk ikut ambil bagian dalam acara berahmat tersebut.

“Perkenankan Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Karo mengucapkan selamat atas perayaan akbar ini. Saya mengajak secara khusus kepada kaum muda Katolik untuk memaknai tema perayaan kita pada hari ini,” tutur Bupati Cory Sebayang.

“OMK wajib berjalan bersama, bergandengan tangan, menjadi diri sendiri dan bersaudara dengan sesama. Jauhi pertengkaran serta jangan pernah menyentuh apalagi memakai obat-obat terlarang,” lanjutnya.

Menurut dia lagi, OMK agar berani mengambil risiko untuk mengembangkan potensi diri.

Acara Kam Youth Day V ini diisi dengan sejumlah kegiatan dan perlombaan selama 4 hari (20 s/d 23 April 2023) yang diikuti utusan OMK dari paroki-paroki Keuskupan Agung Medan.

Seperti diketahui, KAM Youth Day ini dilaksanakan paroki se-Sumut. Tujuannya untuk menyadari diri bagi orang muda Katolik agar memelihara keanekaragaman menjadi Bhineka. Itu harus muncul dari dalam diri orang muda itu dan harus ada bentuk aksi yaitu menjaga kerukunan itu.

KAM Youth Day itu merupakan program Keuskupan Agung Medan yang diserahkan kepada komisi kepemudaan KAM Katolik.

Selain pembukaan secara simbolis, hari pertama KAM Youth Day V ini juga diramaikan dengan pameran Ekonomi Kreatif (Ekraf) dari setiap paroki. Setiap kontingen yang membuka stand Ekraf menyajikan berbagai makanan dan minuman, serta kain-kain tradisional suku Karo dan Batak Toba.

Untuk membuka rangkaian acara KAM Youth Day V ini diadakan pemotongan pita oleh Ketua Komisi Kepemudaan KAM Pastor Serafin Dany Sanusi, OSC; Vikaris Episkopal Kabanjahe Pastor Kartolo Malau, OCarm; Ketua Pengarah Pastor Ronal Sitanggang; dan Pastor Kepala Paroki St. Petrus dan Paulus Kabanjahe Pastor Mansuetus Amadeus. (R1)

Komentar