Suzuki Jimny 5-door Diperkenalkan dalam IIMS 2024, Ketangguhan Offroad-nya Makin Sempurna dengan Berbagai Fitur Unggulan

Otomotif1499 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis varian SUV legendaris dan sudah dinanti, yakni Suzuki Jimny 5-door, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Kamis (15/2/2024).

Kendaraan legenda yang sudah menapak selama 45 tahun ini masih jawara sebagai kendaraan untuk beraktivitas offroad.

4W Sales & Marketing Director PT SIS, Matsushita Ryohei mengatakan, Jimny memiliki sisi historis dan kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia. Dikenal sejak tahun 1970-an, Jimny dinilai memiliki desain otentik yang tidak tergerus waktu dan tetap memiliki identitas yang kuat selama lebih dari setengah abad.

“Rekam jejak ketangguhan Jimny untuk menaklukkan medan menantang sambil memberi kepuasan bagi para pecinta offroad ini menjadi alasan utama Jimny dinanti-nantikan pelanggan. Jimny terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman penggunanya, salah satunya pada sisi fungsionalitas.”

“Merespon antusiasme dan permintaan penggemar di Indonesia, Suzuki Indonesia dengan bangga menghadirkan model terbaru dalam keluarga SUV legendaris kami yaitu Suzuki Jimny 5-door di pasar Indonesia,” kata Matsushita.

Suzuki Jimny 5-door hadir dengan karakter desain yang kuat, ditambah ruang yang lapang untuk meningkatkan pengalaman berpetualang penggunanya. Tentu untuk menunjang fungsinya sebagai kendaraan offroad profesional, Suzuki Jimny 5-door sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Fitur yang kini telah disempurnakan pada Suzuki Jimny 5-door adalah sistem penggerak 4 roda (4×4). Sistem penggerak 4 roda ini dinamakan All Grip Pro.

All Grip Pro memberikan keleluasan bagi pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kebutuhan. Pengemudi dapat memilih posisi 2H bila membawa Suzuki Jimny dengan kecepatan dan kondisi jalan normal, seperti aspal atau jalan berkerikil kering.

Saat akan melintasi jalan offroad, cukup memindahkan ke 4H. Untuk melewati jalan dengan bebatuan kasar, lumpur dan medan lebih berat lainnya, pengemudi bisa memilih 4L.

Sistem All Grip Pro mengasah kemampuan dan memenuhi jiwa petualang pecinta jalan penuh tantangan, sehingga pengemudi bisa lebih percaya diri dalam bereksplorasi menaklukkan setiap naik turun kondisi jalan.

Sistem All Grip Pro ini juga ditunjang dengan teknologi, seperti Hill Descent Control dan Hill Hold Assist. Kedua teknologi tersebut membuat Suzuki Jimny 5-door dapat digunakan baik oleh pemula, bahkan hingga kalangan profesional.

Suzuki Jimny 5-door ini dibangun menggunakan struktur ladder frame atau ladder frame chassis. Ladder frame chassis memiliki x-member dan 2 cross member di bagian bawah badan mobil, yang membuat mobil mampu mengangkut beban berat lebih banyak, lebih fleksibel, dan tangguh di medan offroad.

Lewat konstruksi ladder frame, Suzuki Jimny 5-door bisa meredam guncangan dan getaran permukaan jalan.

Untuk menunjang ladder frame chassis, mobil legenda ini juga dilengkapi dengan suspensi 3 Link Rigid Axle with Coil Spring di bagian depan dan belakang. Dengan terpasangnya suspensi tersebut, Suzuki Jimny menjadi kuat dan stabil meredam goncangan pada kondisi jalan apa pun.

Agar dapat melibas lintasan offroad, Suzuki Jimny 5-door mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc yang populer dari Suzuki, yakni K15B dengan 4 silinder, dengan jumlah katup sebanyak 16 katup. Mesin ini termasuk berbobot ringan namun mampu menghasilkan tenaga hingga 102 PS @6.000 rpm dan torsi besar 130 Nm @4.000 rpm.

Itu dapat membuat akselerasi dan performa lebih maksimal di segala kondisi jalan, entah jalan normal hingga yang ekstrem sekalipun. Pilihan transmisi Suzuki Jimny pun ada 2, yaitu yaitu manual 5-percepatan dan automatic 4-percepatan.

Secara dimensi, Suzuki Jimny 5-door memiliki panjang 3.965 mm dan wheelbase 2.590 mm, yang mampu memberikan kelegaan ruang bagi penumpang maupun barang bawaan.

Hal ini akan membuat pengemudi dan penumpangnya bisa mengalami rasa berkendara yang santai, dengan tetap mempertahankan kemampuannya sebagai mobil offroad profesional.

Penambahan pintu memberikan akses yang mudah bagi penumpang belakang untuk masuk dan keluar mobil. Kapasitas bagasi sebesar 211 liter juga cukup sanggup membawa perbekalan petualangan yang dibutuhkan.

Meski memiliki desain offroad, fitur dan kelengkapan Suzuki Jimny 5-door turut memberikan nilai tambah bagi penggunanya, seperti chrome front grille, rear view camera, serta 4 spots parking sensor.

Pada bagian keselamatan, Suzuki Jimny 5-door telah dilengkapi dengan 6 airbags untuk memberikan perlindungan pengemudi dan penumpang, saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk memberikan hiburan yang menyenangkan, tersemat 9 inch touchscreen head unit with smartphone connections dengan layanan yang lengkap.

Suzuki Jimny 5-door menawarkan enam pilihan warna khas yang memancarkan aura petualangan. Pada varian warna dual tone, Suzuki menawarkan 3 pilihan warna khas, yaitu metallic sizzling red + pearl bluish black, kinetic yellow + pearl bluish black, dan metallic chiffon ivory + pearl bluish black.

Sedangkan untuk varian warna single tone, Suzuki juga memberikan 3 pilihan warna maskulin, yaitu granite gray metallic, pearl bluish black, dan jungle green.

Ditandai dengan peluncurannya pada 15 Februari 2024, Suzuki Jimny 5-door sudah dapat dipesan oleh calon pelanggan melalui berbagai outlet resmi Suzuki di Indonesia.

Sebagai referensi, berikut harga rekomendasi On The Road (OTR) Suzuki Jimny 5-door untuk wilayah Jakarta tahun 2024:

Suzuki Jimny 5-door (AT) : Rp475.600.000,-

Suzuki Jimny 5-door (AT – Dual Tone) : Rp478.600.000,-

Suzuki Jimny 5-door (MT) : Rp462.000.000,-

Suzuki Jimny 5-door (MT – Dual Tone) : Rp465.000.000,-

“Pengunjung sudah dapat melihat dan mengeksplorasi secara langsung kemegahan dari Suzuki Jimny 5-door pada booth Suzuki di IIMS 2024 yang berlokasi di hall A. Untuk memfasilitasi rasa penasaran calon pelanggan kami, Suzuki juga telah menyiapkan Jimny Adventure Experience yang didesain khusus untuk membuktikan kemampuan offroad Suzuki Jimny 5-door,” tuturnya.

“Calon pelanggan dapat mendaftar untuk menjadi penumpang Suzuki Jimny 5-door yang dikendarai oleh pengemudi professional dan terlatih di lintasan menantang. Kami sungguh berharap kehadiran Suzuki Jimny 5-door ini dapat melengkapi model SUV legendaris offroad di pasar Indonesia,” kata Matsushita. (suara.com)

Komentar