Bantai Yordania 4-1, Indonesia U-23 Cetak Sejarah Lolos ke-8 Besar Piala Asia 2024

Sepakbola, Sport3329 x Dibaca

Qatar, Karosatuklik.com – Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah baru. Untuk kali pertama Timnas lolos ke babak gugur (8 besar) Piala Asia U-23. Kepastian itu diperoleh usai pasukan Garuda Muda menaklukkan Yordania U-23.

Bermain dalam lanjutan babak grup A Piala Asia U-23 tahun 2024 Qatar, Indonesia U-23 menghadapi Yordania U-23 di laga terakhir fase grup di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Ahad (21/4/2024) malam.

Pasukan Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong menang dengan skor telak 4-1. Gol-gol kemenangan Garuda Muda diciptakan masing-masing lewat brace (dua gol) Marselino Ferdinan di menit 23′ dan 70′, Witan Sulaeman menit 40′, dan Komang Teguh menit 86′.

Secara statistik sofascore.com mencatat Rizky Ridho cs unggul penguasaan bola 52 persen berbanding 48 persen milik Yordania. Total tembakan Garuda Muda juga unggul dengan 13 dan enam milik Yordania.

Babak Pertama

Di awal babak pertama permainan kedua tim terlihat seimbang dan saling jual beli serangan. Gol baru tercipta di menit 23′ lewat ekseskusi penalti Marselino Ferdinan, usai Rafael Struick dilanggar di kotak terlarang.

Marselino Ferdinan dengan tenang menaruh bola di sudut kanan, sementara kiper Yordania A. Juaidi salah menebak arah bola yang melompat ke kiri. Indonesia unggul 1-0.

Gol kedua Garuda Muda tercipta lewat permainan apik Marselino yang bergerak dari sisi kanan, memberi bola ke Rizky Ridho yang berdiri di depan kotak penalti. Ridho kemudian melepas umpan ke Witan yang lolos dari jebakan offside.

Gol kelas dunia, tercipta dari sepakan Witan dengan kaki kirinya menendang bola ke sudut sebelah kanan gawang, bola tak sanggup dihalau penjaga gawang, alhasil pada menit 40′ Indonesia menambah keunggulan 2-0. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, coach Shin Tae-yong melakukan beberapa pergantian dengan memasukkan Komang Teguh, Ilham Rio Fahmi, Ryhan Hannan, Hokky Caraka, termasuk mengganti Ernando Ari yang mengalami cedera memasukkan Adi Satrio.

Gol di babak kedua baru tercipta di menit 70′ lewat kaki Marselino Ferdinan. Ia bermain satu dua dengan Witan dari sisi kiri pertahanan Yordania.

Usai melepas umpan ke Witan Marselino berlari kemudian menyambut umpan satu sentuhan Witan. Marselino mengangkat bola melewati penjaga gawang A. Juaidi. Indonesia memimpin 3-0.

Yordania memperkecil kedudukan di menit 79′ setelah tendangan salah satu pemainnya dari luar kotak penalti berbelok arah usai di block Justin Hubner. Ernando salah menebak arah bola.

Gol ke-4 tercipta lewat skema lemparan ke dalam dari Pratama Arhan dari sisi kanan pertahanan Yordania. Lemparan jauh Arhan disambut Komang Teguh yang memenangkan duel di kotak penalti lalu mengubah arah bola lewat sundulannya.

Tidak ada lagi tambahan gol dari kedua tim, skor berakhir 4-1 untuk kemenangan Garuda Muda. Dengan hasil itu, Indonesia dipastikan lolos ke babak 8 besar sebagai runner-up grup A mendampingi tuan rumah Qatar yang dilaga lainnya bermain imbang 0-0 dengan Australia.

Lolosnya Indonesia U-23 ke babak 8 besar ini merupakan sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia. Baru tampil perdana di Piala Asia U-23, Shin Tae-yong berhasil membawa Garuda Muda lolos. Di laga 8 besar Indonesian bakal bertemu peringkat pertama dari grup B yang akan diperebutkan Korsel dan Jepang yang baru akan bermain, Senin (22/4/2024).

“Terima kasih yang sudah mendukung, kita akan keep poin terus dan kita akan melanjutkan step by step dan memberikan penampilan yang terbaik,” kata Marselino melalui laman Instagram AFC Asian Cup, dilihat Pijarnews.com.

Susunan pemain:

Yordania: Juaidi, Ahmed Afaneh, Haj Ibrahim, Abushahab, Rasem Jamous (Waseem Al Riyalat 45′), Abu Taha, Haitham, Darwish (Ali Azaizeh 73′), Almaharmeh (Ahmed Al Salman 45′), Aldiabat (Ibrahim Sabra 64′), Kalbouneh

Indonesia: Ernando (Adi Satrio 89′), Nathan Tjoe-A-On, Ferarri (Komang Teguh 71′), Rizky Ridho, Fajar Fathurrahman (Rio Fahmi 71′), Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner (Rayhan Hannan 89′), Marselino, Witan, Rafael Struick (Hokky Caraka 71′).

Peluang Garuda Muda Torehksn Sejarah

Skuad Garuda Muda menciptakan dua sejarah sekaligus setelah mampu menghajar Yordania 4-1.

Sejarah pertama yang ditorehkan oleh Indonesia adalah lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Yordania.

Berstatus sebagai tim debutan, tentu pencapaian tersebut dapat dibilang luar biasa, terlebih Marselino Ferdinan serta koleganya merupakan peserta dengan rata-rata usia termuda kedua setelah Vietnam.

Selanjutnya, sejarah kedua dalam duel sengit itu diciptakan Garuda Muda adalah kemenangan pertama atas Yordania pada kelompok umur U-23.

Diketahui ini merupakan pertemuan pertama kedua negara pada kelompok umur U-23 sehingga merupakan momentum menorehkan tinta sejarah positif yang patut diapresiasi dan dibanggakan oleh fans sepak bola Tanah Air. (R1/PijarNews.com)

Komentar