Deklarasi Pemilu dan Pilkada Damai 2024 se- Sumut, Bupati Cory Sebayang Ajak Semua Pihak Tunjukkan Kedewasaan dan Kematangan Dalam Berdemokrasi

Karo1110 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Pemkab Karo mendukung penuh terlaksananya Pemilu dan Pilkada 2024 secara damai dan demokratis. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam menyalurkan suara sesuai dengan keinginan mereka.

“Atas nama Pemkab Karo tentunya mendukung dalam mewujudkan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 yang aman dan damai di Sumut,” kata Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang usai menghadiri Deklarasi Pemilu Damai di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan, Kamis (28/9/2023)

Turut mendampingi Bupati, Dandim 0205/TK, Letkol. Inf. Ahmad Ariyan Rangkuti, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, S.H., S.I.K., M.M, Kajari Karo yang diwakili Kasi Intel Kejari, Ika Lius Nardo Sitepu, S.H dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si.

Ditemui usai acara, Bupati Cory Sebayang mengungkapkan, untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dibutuhkan sinergi dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan. Tentunya untuk mengawal Pemilu dan memastikan proses demokrasi ini berlangsung damai, aman, tertib, lancar dan kondusif.

Disebutkannya bahwa deklarasi ini sebagai bukti komitmen bersama untuk menciptakan Pemilu yang damai dan berintegritas.

Ia juga mengajak semua pihak di Kabupaten Karo termasuk peserta pemilu untuk menunjukkan kedewasaan dan kematangan dalam berdemokrasi.

“Mari bersama-sama mewujudkan Pemilu, baik Pilkades, Pileg, Pilkada, dan Pilpres yang damai, bermartabat, dan berintegritas untuk melahirkan pemimpin berkualitas yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih maju dan lebih baik,” pesan Bupati Cory Sriwaty Sebayang yang juga Ketua DPC GERINDRA Kabupaten Karo.

Dikesempatan itu, Cory Sebayang bersama Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI Hasanuddin dan Bupati/Walikota se Sumut menandatangani Kesepakatan Bersama Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Penandatanganan ini dilakukan sebagai bentuk kesepakatan Pemprov Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota guna mendanai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 secara bersama.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Sebut Potensi dan Pencegahan Kerawanan Pesta Demokrasi

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyebutkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 sebagai agenda pesta demokrasi terbesar. Karena itu, potensi kerawanan serta upaya kerja keras semua pihak menyukseskannya menjadi catatan penting.

Dalam sambutan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menyampaikan bahwa Pemilu 2024 mendatang, selain memilih calon anggota DPD RI, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pilpres di saat bersamaan, juga akan berlangsung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia di tahun yang sama.

“Dalam pelaksanaannya akan menghadapi berbagai potensi permasalahan atau kerawanan, mulai dari persiapan kebutuhan/anggaran, data pemilih, distribusi logistik Pemilu, kapasitas dan beban calon terpilih,” ujar Pj. Gubsu.

“Untuk itu, diperlukan perhatian, usaha dan kerja keras dari semua pihak agar pelaksanaan pesta demokrasi di tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” lanjutnya.

Dengan upaya dan kerja keras bersama untuk mengantisipasi potensi permasalahan Pemilu 2024 sehingga menjadi pesta demokrasi yang demokratis, maka deklarasi damai ditandatangani oleh seluruh peserta pemilu sehingga berbagai potensi kerawanan yang muncul dapat dicegah. (R1)

Komentar