Kabupaten Karo Masuk Tahap II Penilaian PPD Tahun 2023, Bupati Berikan Paparan

Karo853 x Dibaca

Medan, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menghadiri sesi verifikasi dan wawancara dalam rangka penilaian tahap II penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, di Kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Sumatera Utara, Medan, Senin (6/2/2023).

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan sebuah kegiatan evaluasi kreatif terhadap perencanaan dan pencapaian pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Disambut oleh Kepala Bappelitbang Sumut, Dr Ir Hasmirizal Lubis, Plh Sekretaris Bappelitbang Dikky Anugerah, kehadiran Bupati Karo ini sekaligus menandakan Kabupaten Karo masuk dalam 12 besar nominator PPD Tahun 2023.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak/ibu para tim penilai baik teknis maupun independen yang telah menetapkan kami menjadi salah satu nominator,” katanya.

Adapun program andalan yang dipaparkan Bupati Cory S Sebayang beberapa prestasi dan pencapaian Pemerintah Daerah Kabupaten Karo pada Tahun 2022 dan Inovasi yang telah dilakukan salah satunya yaitu kentang bertingkat.

“Ketersediaan benih kentang yang cukup, baik dari jumlah, mutu, varietas dan harga selalu menjadi permasalahan petani di Kabupaten Karo setiap tahun nya,” ungkapnya.

“Hal ini yang mendorong Pemkab Karo melalui Dinas Pertanian Kabupaten Karo melakukan terobosan dengan sebuah inovasi sesuai dengan tema RKP 2023 Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan yaitu budidaya kentang bertingkat,” papar Cory S Sebayang.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang turut didampingi Kepala Bappedalitbang Karo, Ir. Nasib Sianturi, M.Si.

Adapun tim penilai terdiri dari dua bagian yakni Tim Penilai Independen (TPI) yang terdiri dari Guru Besar USU yakni Prof Harmein Nasution dan Prof Badaruddin, Dosen USU Dr Agus Purwoko, dan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Kemudian ada Tim Penilai Utama (TPU) yang terdiri dari Inspektorat Provinsi Sumut, dan BKAD Sumut.

Adapun 12 kabupaten/kota yang masuk dalam penilaian tahap II yakni:

  1. Kabupaten Karo
  2. Labuhan Batu Utara
  3. Deliserdang
  4. Toba
  5. Padangsidempuan
  6. Serdang Bedagai
  7. Pematang Siantar
  8. Binjai
  9. Samosir
  10.  Medan
  11. Langkat
  12. Labuhan Batu. (R1)

Baca juga:

  1. Kabupaten Karo Penuhi Kebutuhan Kentang untuk Sumut 57 Persen, Cory Sebayang Sambut Kunker Komisi IV DPR RI
  2. Edy Rahmayadi Dorong Pengembangan Bibit Kentang di Kabupaten Karo
  3. Pemkab Karo Andalkan Aplikasi “Karo Erlajar” Lomba Inovasi Daerah se- Sumatera Utara 2022
  4. Andalkan Inovasi Budidaya Kentang Bertingkat, Pemkab Karo Juara II Lomba Inovasi Sumatera Utara 2021
  5. Pemkab Karo Siapkan 44 Usulan Desain Inovasi Tahun 2021 dan Serahkan Penghargaan Inovasi Daerah Tahun 2019-2022

Komentar