Menggali Informasi Pemilu 2024, Kemenkominfo Rilis Buku Elektronik Pemilu damai pedia

Catatan Redaksi1103 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah merilis buku elektronik Pemiludamaipedia sebagai langkah inisiatif untuk memberikan pemahaman komprehensif terkait Pemilu 2024.

“Diluncurkannya buku elektronik Pemiludamaipedia oleh Kementerian Kominfo adalah bagian dari upaya menyediakan sumber wawasan mengenai seluruh tahapan Pemilu, mulai dari daftar pemilih tetap (DPT) hingga profil partai politik peserta Pemilu,” ungkap Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (4/12/2023).

Usman menjelaskan bahwa buku elektronik Pemiludamaipedia dirancang sebagai alat untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat tentang Pemilu 2024. Buku ini memberikan informasi tentang DPT, calon legislatif, partai politik, calon presiden dan wakil presiden, serta jadwal pemilu.

“Masyarakat dapat menggunakan buku elektronik ini untuk memeriksa keanggotaan di DPT, mengecek profil calon legislatif, partai politik, calon presiden dan wakil presiden, hingga jadwal Pemilu 2024,” kata Usman.

Pemiludamaipedia juga menyediakan fitur untuk memeriksa informasi atau berita yang terindikasi hoaks. Masyarakat dapat melaporkan informasi yang dicurigai sebagai hoaks.

Selain sebagai sumber informasi, Pemiludamaipedia menawarkan layanan chatbot “Ayo Memilih,” yang memungkinkan interaksi langsung antara masyarakat. Buku elektronik ini juga mencakup sejarah pemilu di Indonesia.

“Informasi dalam buku Pemiludamaipedia bersifat live dokumen jadi terus diperbaharui, kalau ada perkembangan atau informasi baru,” jelas Usman.

Peluncuran buku elektronik ini bertujuan untuk menciptakan diskusi publik yang lebih sehat dan etis, sambil memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Usman menekankan pentingnya menjauhi informasi yang keliru dan simpang siur, dan menegaskan bahwa Pemiludamaipedia menyajikan informasi dari sumber-sumber terpercaya. Buku elektronik Pemiludamaipedia dapat diakses di laman https://s.id/pemiludamaipedia.

“Kita berharap Pemilu 2024 dapat memberikan pendidikan politik yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa,” tungkasnya. (R1/BeritaSatu)

Baca Juga:

  1. Kemenkominfo Gandeng HIVI! Luncurkan Lagu Soal Bijak Main Medsos
  2. Kemenkominfo Targetkan Latih 20 Ribu ASN jadi Talenta Digital di 2023
  3. Pusat Data Nasional Pertama Ditargetkan Rampung Dua Tahun

Komentar