Penggusuran Penggarap di Penggembalaan Mbal-Mbal Nodi Tanpa Solusi, Warga Dua Dusun Datangi Kantor Bupati Karo

Karo848 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Masyarakat dari dua dusun yakni Dusun Rambah Gelonggong dan Dusun Paya Mbelang Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo datangi kantor Bupati Karo di Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Kamis (30/3/2023).

Rendi Sembiring salah seorang perwakilan masyarakat menyebutkan kepada wartawan bahwa aksi yang mereka lakukan, dilatarbelakangi karena keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo terkait lahan Pengembalaan Mbal-Mbal Nodi, dirinya menjelaskan dimana keputusan tersebut tertuang di dalam Perda 03 Tahun 2021.

“Kami datang melakukan aksi ke sini, terkait Perda 03 Tahun 2021 di mana lahan Mbal – Mbal Nodi dijadikan untuk pengembalaan umum,” ujar Rendi.

Dijelaskannya dari Perda tersebut sangat memberikan dampak buruk kepada masyarakat disana terutama masyarakat yang melakukan aktivitas pertanian jagung. Dimana selama hampir dua pekan lahan tersebut ditertibkan Pemkab Karo sama sekali tidak memberikan solusi akan permasalahan ini.

“Sudah hampir dua minggu penggusuran, belum ada solusi apapun yang ditawarkan kepada masyarakat,” ucapnya.
Dengan adanya keputusan tanpa solusi ini dirinya mengatakan masyarakat meminta kepada Pemkab Karo agar kembali melakukan pengkajian ulang atas Perda tersebut, jika memang lahan tersebut seluruhnya diperuntukkan untuk lahan pengembalaan umum, mereka meminta Pemkab Karo juga memberikan solusi kepada masyarakat.

“Itu di dalam masih ada satu dusun yang berisikan sekitar 80 kepala keluarga, ini bagaimana? Apa bisa dusun ini disatukan dengan lahan pengembalaan umum.Jadi kami minta Perda ini agar dikaji ulang,” ungkapnya

Selain pemukiman, dirinya menjelaskan jika di dalam lahan seluas 682 hektare tersebut juga masih ada bangunan sekolah. “Hingga saat ini, sekolah tersebut juga masih aktif dilakukannya aktivitas belajar mengajar,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Karo Cory Sebayang yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs Dapetkita Sinulingga ketika ditemui pendemo mengatakan ibu Bupati lagi diluar kota, besok pun masih ada kegiatanya di Batang Kuis untuk peresmian GOR. Demikian juga Wakil Bupati sedang tugas luar di Medan.

“Jadi lusa hari libur, mungkin Seninlah ibu Bupati baru di Kantor,” ucapnya saat menerima masyarakat di Kantor Bupati Karo.

Pemkab Karo Gelar Pembersihan

Seperti diketahui dan telah dikabarkan Karosatuklik.com sebelumnya, setelah berhasil menerobos pintu gerbang masuk kawasan Nodi, walau sempat terjadi aksi saling dorong dengan petugas, Senin sore (13/3/2023), Pemkab Karo bersama jajaran Forkopimda langsung lakukan pembersihan lahan tersebut.

Pembersihan areal seluas 682 hektare akan dilakukan tuntas, bahkan Pemkab telah menyiapkan 2 alat berat. Kegiatan pembersihan areal juga dilanjutkan pada hari Selasa (14/3/2023) yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati, Theopilus Ginting dan Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar.

“Selama kegiatan ini berlangsung, personel Satpol PP akan mengawal penertiban dan TNI-Polri akan melakukan pengamanan,” ujar Kapolsek Mardingding Iptu Donal Tambunan saat diminta keterangannya di Nodi. (R1)

Komentar