oleh

Turun ke PPKM Level 2, Bupati Karo Keluarkan Surat Edaran Pengendalian Covid-19 dan Pedoman PTM Terbatas

-Karo-417 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com Karo mengeluarkan Surat Edaran Nomor 58 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat () Level 2 untuk pengendalian penyebaran .

Surat edaran diterima Karosatuklik.com pada Jumat malam (24/09/2021) berlaku mulai tanggal 22 September 2021 dan akan ditinjau lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan situasi penyebaraan Virus Diseases 2019 (covid 19) di .

Pada intinya, Surat Edaran Bupati Karo Nomor 58/2021, mengatur tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 2 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Namun ada yang menarik dikutip dari surat edaran itu yakni, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/Pelatihan) dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 TAHUN 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 TAHUN 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen), kecuali untuk:

Baca Juga :  Ittama BNN RI Gelar Workshop Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

a. SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB maksimal 62 % (enam puluh dua persen) sampai dengan 100% (seratus persen) dengan menjaga jarak minimal

1,5 m (satu koma lima meter) dan maksimal 5 (lima) peserta didik per kelas.

b. PAUD maksimal 33% (tiga puluh tiga persen) dengan menjaga jarak minimal 1,5 m (satu koma lima meter) dan maksimal 5 (lima) peserta didik per kelas.

c. Jumlah jam pelajaran tatap muka terbatas diatur sebanyak 2 (dua) kali seminggu dan 2 (dua) jam per hari dengan durasi 60 (enam puluh) menit;

Khusus pada satuan pendidikan yang berada pada zona merah, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (Sekolah, Perguruan Tinggi, Akademi, Tempat Pendidikan/Pelatihan/Bimbingan Belajar) dilakukan pembelajaran jarak jauh atau daring/online dengan mempedomani data kriteria zonasi Desa/Kelurahan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo.

Surat edaran ini mengatur tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, kegiatan perkantoran, pembatasan acara adat/resepsipenikahan/meninggal dunia dan kegiatan sosial masyarakat, pelaksanaan kegiatan ibadah, pelaksanaan kegiatan rapat/seminar/pertemuan, pengaturan tentang swakayan/toko waralaba, pengaturan restoran/rumah makan/kafe/warung kopi, tempat wisata/rekreasi/ kegiatan olahraga/ pertandingan olahraga, pasar tradisional, angkutan umum dan tenaga kerja.

Baca Juga :  Potret Terbaru Errina GD Mantan Artis Cilik, Kini Sibuk Jadi YouTuber

Dalam surat edaran tersebut Bupati Karo juga menegaskan kepada seluruh camat, lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Karo untuk mengoptimal posko penanganan covid 19 di tingkat desa dan kelurahan untuk melaksanakan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan mendukung pengendalian penyebaran covid 19 di tingkat desa dan kelurahan.

Selanjutnya, Bupati Karo juga menegaskan agar Camat, Lurah dan Kepala Desa dan unsur satgas kecamatan, kelurahan maupun satgas desa untuk berperan aktif melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai dengan surat edaran tersebut.

Bupati Karo juga tetap menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Karo untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan memakai yang benar, mencuci tangan pakai sabun/handsanitizer, serta menghindari kerumunan. (R1)

Lebih lengkapnya, Surat Edaran Bupati Karo Nomor 58 tahun 2021 bisa di download disini

Baca juga:

1. Simak Disini Instruksi Bupati Karo Terkait PPKM Level 3 yang Lebih Ketat

Baca Juga :  Ketua DPRD Minta Anies Baswedan Setop Berbohong soal Pilgub DKI 2024

2. Bupati Karo: PPKM Level 3 Kembali Diperpanjang hingga 6 September

Author Image

Editor dan Pimpinan Redaksi karosatuklik.com

Komentar

Topik Terkait