Jokowi Cek Jalan Rusak di Sumut, Ijeck: Saya dan Masyarakat Berterima Kasih kepada Presiden

Sumut8003 x Dibaca

Labuhanbatu, Karosatuklik.com – Bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau jalan rusak yang berada di Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Rabu (17/5/2023).

Saat meninjau jalan tersebut, Jokowi berjanji akan memperbaiki jalan yang rusak tersebut mulai Juli 2023 mendatang. “Ya ini, kita di Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Yang kita lihat, di Provinsi Sumut ini. Jalan nasional ada 2.600 km, yang rusak kira-kira 260 km. Ini jalan nasional,” kata Presiden.

“Bukan hanya di Labura ini saja ya. Banyak juga di kabupaten lainnya. Kita tidak ingin jalur-jalur logistik terhambat. Jangan sampai jalan ini menganggu. Dan untuk Sumut anggaran yang kita kuncurkan Rp800 miliar untuk di seluruh kabupaten/kota,” ujarnya.

Pemerintah membantu memperbaiki jalan rusak ini karena kabupaten/kota dan provinsi meminta bantuan untuk memperbaiki. “Jadi kita ambil alih membantu provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya.

Khusus di Kabupaten Labura, yang ia tinjau ada 13 kilometer, kemudian yang menuju ke Sei Ledong atau Tanjung Ledong ada 17 kilometer. “Keadaannya lebih kurang sama seperti ini paling lambat Juli (2023),” sebut Jokowi.

Selain Musa Rajekshah, hadir juga mendampingi Presiden yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Bupati Labura Hendriyanto Sitorus. Mereka menjajal jalan rusak itu dengan Mobil RI 1.

Mewakili masyarakat, Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah melihat langsung jalan rusak di Labura, yang selama ini dari pemekaran sampai dengan sekarang kondisinya belum pernah baik dikarenakan anggaran yang terbatas.

“Saya dan masyarakat Labura juga berterima kasih karena Bapak Presiden akan memperbaiki tanggul yang jebol, serta perbaikan irigasi di Labura. Perbaikan irigasi untuk peningkatan hasil panen padi dan sawah yang selama ini pembangunan irigasinya belum selesai,” kata Ijeck.

Menurut Ijeck, dengan perbaikan itu, maka peningkatan padi di Aek Ledong pasti meningkat. Dan jalan bisa digunakan baik dari warga baik itu di Tanjung Balai, Asahan, maupun di Kabupaten Labura.

“Usai peninjauan jalan dan tanggul, kami juga meninjau SMK PP1 Kualuh Selatan. Kami juga berterima kasih atas bantuan bibit pertanian dan bantuan ternak yang diberikan,” ucapnya.

“Kami berharap semoga Bapak Presiden bisa berkunjung lagi ke Sumatera Utara untuk bisa melihat potensi-potensi yang ada, meninjau infrastruktur dan hal-hal lain yang tidak terbangun karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah,” sambungnya.

Jokowi Siapkan Rp800 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Sumatera Utara

Pada kesempatan inu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp800 miliar untuk perbaikan seluruh jalan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dia pun mengingatkan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tetap memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki jalan yang menjadi tanggung jawabnya.

Ini kan kita mengambil jalan-jalan infrastruktur yang kabupaten/kota dan provinsi tidak memiliki kemampuan sehingga sebagian kita ambil, sebagian tetap tanggung jawab provinsi, kabupaten/kota,” kata Jokowi di SMK PPN 1 Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (17/5/2023).

“Jangan enak-enak diambil alih, yang kabupaten/kota malah tidur, ndak, bukan itu maksudnya. Kita ini ingin membantu, mempercepat, memperbaiki karena keluhan masyarakat,” sambungnya.

Dia menekankan perbaikan infrastruktur jalan yang terus digenjot oleh pemerintah adalah agar jalan-jalan produksi dan logistik tidak terganggu. Pasalnya, jika jalur tersebut terganggu, maka berpotensi menaikkan ongkos logistik yang pada akhirnya bisa memicu kenaikan inflasi.

“Jangan sampai yang namanya jalur logistik, jalan-jalan produksi itu rusak parah, itu akan mengganggu dan akan menaikkan biaya logistik, menaikkan inflasi. Itu tujuan kita memperbaiki infrastruktur,” jelasnya

Untuk itu, Presiden menyebut bahwa perbaikan infrastruktur jalan rusak yang berada di Provinsi Sumatra Utara akan segera dikerjakan oleh pemerintah. Perbaikan tersebut tidak hanya untuk ruas Jalan Gunting Saga yang ditinjau langsung oleh Jokowi, tetapi juga jalan di Asahan.

“Ya langsung dikerjakan, nanti insyaallah bulan Juli sudah mulai semuanya, dan tidak hanya di Labuhanbatu Utara, termasuk di Asahan karena identifikasi kita sudah komplet,” tutur Jokowi. (R1)

Komentar