Kemendikbud Ristek Gelar Lagi Seleksi ASN Guru PPPK Tahun 2024 dengan Formasi 419.146 Guru

Nasional2043 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2024 di lingkungan instansi pemerintah, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024 di Jakarta pada Kamis (14/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas kolaborasi yang telah terjalin dengan baik dengan KemenPANRB dan Kementerian/Lembaga terkait dalam penyelenggaraan seleksi Guru ASN PPPK sejak 2021.

“Terselenggaranya Seleksi Guru ASN PPPK tentu melibatkan gotong royong dan kolaborasi yang erat antara Kemendikbudristek dengan KemenPANRB, BKN, LAN, serta kementerian/lembaga terkait lainnya. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih kepada KemenPANRB atas kesempatan yang diberikan kepada Kemendikbudristek sebagai instansi pembina dan instansi pemerintah untuk kembali membuka usulan formasi guru ASN PPPK 2024,” ujar Mendikbudristek dalam sambutannya.

Pelaksanaan seleksi Guru ASN PPPK merupakan wujud komitmen Kemendikbudristek dalam menjalankan arahan Presiden Joko Widodo dalam mengalokasikan 2,3 juta formasi ASN, di mana pada tahun 2024 masih terdapat 419.146 formasi guru ASN PPPK.

Kemendikbudristek senantiasa mendorong pemenuhan kebutuhan guru ASN PPPK di sekolah negeri. Sampai dengan 2023, Kemendikbudristek telah meluluskan 774.999 guru ASN PPPK. Kebijakan ini akan terus dilakukan pada tahun 2024 dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru ASN di Sekolah Negeri melalui seleksi guru ASN PPPK.

“Dalam upaya untuk mewujudkan cita-cita gerakan Merdeka Belajar, yakni meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, kami akan meneruskan kebijakan perekrutan guru ASN PPPK. Pada tahun ini, kami akan melanjutkan pemenuhan kebutuhan guru ASN di sekolah negeri melalui Seleksi Guru ASN PPPK. Adapun kuota yang perlu dipenuhi tahun ini adalah sebanyak 419.146 guru ASN PPPK sehingga target 1 juta guru Insya Allah dapat terpenuhi,” terang Mendikbudristek.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbudristek juga menyampaikan kebutuhan usulan formasi PPPK untuk Tenaga Administrasi Sekolah dan Pengawas Sekolah. Untuk tahun ini, terdapat 18.729 (delapan belas ribu tujuh ratus dua puluh sembilan) formasi Pengawas Sekolah Jenjang Ahli Muda yang dapat dipenuhi melalui ASN PPPK.

Persiapan Seleksi PPPK Guru 2024, Kemendikbud: Pengajuan dari Daerah Belum Penuhi Kuota

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek dalam waktu dekat akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK guru.

Ketua Tim Kerja Perencanaan dan Efektifitas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Dicky Martono mengungkap, saat ini PPPK guru dalam tahapan rincian jabatan.

Jadi, Pemda sudah membuat rincian jabatan yang akan diusulkan pada seleksi tahun ini. Kalau sudah selesai perincian tahapan selanjutnya adalah pendaftaran,” katanya di Natuna, Kepulauan Riau pada Kamis, 16 Mei 2024.

Berbicara soal kapan dibukanya pendaftaran PPPK guru, Dicky menyebut hal itu bergantung pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan Badan Kepegawaian Negara atau BKN. “Kemendikbud hanya melakukan proses pemetaan dan pendekatan ke Pemda supaya mereka mengusulkan formasi sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Dicky mengungkap, PPPK guru tahun ini sebenarnya masih jauh di bawah harapan Kemendikbud. Sebab, yang diusulkan oleh Pemda masih 55 persen dari kebutuhan 2024. Akibatnya, nanti akan ada polemik-polemik keramaian guru pada saat seleksi yang mempertanyakan mengapa mereka belum diangkat.

Adapun PPPK tahun ini seharusnya membutuhkan kurang lebih sebanyak 419 ribu guru. Sementara, yang sudah mengusulkan ke Kemenpan-RB hanya berkisar 176 ribu. Artinya, masih ada kuota yang tersisa, “Kami tidak tahu apakah tahun depan masih dibuka lagi dengan sisanya, atau ada mekanisme terbaru lagi,” kata Dicky. (Direpost dari www.kemdikbud.go.id/Judul asli berita: Kemendikbudristek Kembali Selenggarakan Seleksi ASN Guru PPPK Tahun 2024 dengan Formasi 419.146 Guru/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image). (R1)

Komentar